Nawawi, Lili dan Nurul Ghufron Jadi Harapan Selamatkan KPK

Jum'at, 13 September 2019 - 15:25 WIB
Nawawi, Lili dan Nurul Ghufron Jadi Harapan Selamatkan KPK
Nawawi, Lili dan Nurul Ghufron Jadi Harapan Selamatkan KPK
A A A
JAKARTA - Lima orang calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 telah dipilih oleh Komisi III DPR. Mereka adalah Nawawi Pomolango (Hakim), Lili Pintauli Siregar (Advokat), Nurul Ghufron (Dosen Universitas Jember), Alexander Marwata (Komisioner KPK), dan Firli Bahuri (Kapolda Sumatera Selatan).

Terkait hal tersebut, Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, dan Nurul Ghufron dinilai menjadi harapan untuk menyelamatkan KPK sebagai penegak hukum yang independen. Walaupun, lima orang Capim KPK itu dirasa belum memenuhi aspirasi masyarakat

"Meski yang terpilih tidak atau belum memenuhi aspirasi publik, kita masih punya harapan atau bisa berharap pada tiga pimpinan terpilih Nawawi Pamolango, Lili Pintauli Siregar dan Nurul Ghufron untuk dapat menyelamatkan KPK sebagai penegak hukum yang independent," ujar Pakar Hukum Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar kepada SINDOnews, Jumat (13/9/2019).

Diketahui, setelah memilih lima orang Capim KPK melalui voting, Komisi III DPR juga memilih Firli Bahuri sebagai Ketua KPK jilid V. Firli dipilih berdasarkan musyawarah semua ketua kelompok fraksi (Kapoksi) di Komisi III DPR.

"Ya penetapan ketua KPK baru terkesan dipaksakan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor etika. Karena sebenarnya pelanggaran etika itu tidak membutuhkan keputusan formal sepanjang telah terbukti kejadiannya," kata Fickar.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)