alexametrics

Luhut Sebut Habibie Sosok Demokrat Sejati

loading...
Luhut Sebut Habibie Sosok Demokrat Sejati
Di mata Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden ke-3 RI BJ Habibie adalah sosok demokrat sejati.Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Di mata Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Presiden ke-3 RI BJ Habibie adalah sosok demokrat sejati. Sosok yang konsisten menjalan nilai-nilai demokrasi di Indonesia

“Orang baik kan beliau tuh. Beliau tuh demokrasi sejati. Ya orang baiklah Pak Habibie,” katanya di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Kamis (12/9/2019).

Sebutan itu bukanlah tanpa alasan. Luhut kembali mengungkap memorinya di 1998. Momen ketika pertanggungjawaban Habibie sebagai Presiden ditolak MPR.



“Dia begitu di MPR. Dulu ingat kan. Tentu ada permainan politik pada waktu itu. Begitu dia pertanggung jawaban tidak diterima, dia konsisten engga mau maju (mencalonkan sebagai Presiden),” ungkapnya.

Menurut Luhut, langkah tersebut bukanlah hal yang mudah. Padahal dengan kekuasaannya, Habibie bisa melakukan banyak hal untuk memuluskan jalannya kembali menjadi Presiden tapi tidak dilakukan.

“Itu bukan hal mudah. Dia kan Presiden, kalau beliau mau bermain macam-macam kan masih bisa. Tapi tidak dilakukan,” tuturnya.

Bahkan setelah menjabat pun Habibie lebih cenderung memberikan masukan dibandingkan berkomentar macam-macam. Hal ini patut dicontoh generasi muda.

“Contoh kalian anak muda bagaimana seorang profesor genius bisa jadi Presiden. Berikan contoh yang bagus, tidak macam-macam. Setelah tidak jadi Presiden pun tidak banyak memberi komentar-komentar justru memberikan masukan ke Pak Jokowi,” katanya.
(cip)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak