alexametrics

Menag Lukman Hakim Akan Pimpin Doa Pemakaman Habibie di TMP Kalibata

loading...
Menag Lukman Hakim Akan Pimpin Doa Pemakaman Habibie di TMP Kalibata
Suasana jelang pemakaman Mantan Presiden RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). Foto/SINDOnews/Okto Rizki
A+ A-
JAKARTA - Pemakaman Presiden ketiga RI, BJ Habibie akan digelar hari ini, Kamis (12/9/2019) di Taman Makam Pahlawan (TMP) pukul 13.30 WIB. Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin direncanakan memimpin jalannya pembacaan doa.

Namun, menurut protokoler Kementerian Agama, Muhamad Aleq Faruqi Lukman masih berada di kawasan Yogyakarta. Aleq menyebut Lukman akan segera menuju ke Jakarta siang ini.

Meskipun masih di luar kota, Lukman masih dijadwalkan menjadi pembaca doa. Aleq mengatakan Lukman akan diusahakan agar tiba tepat waktu.



"Nanti landing di (Bandara) Halim. Ke sini (TMP Kalibata) nanti naik motor mungkin biar cepat," ujar dia di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Aleq mengatakan jika Lukman akhirnya tidak sempat hadir, maka Lukman akan digantikan. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Mohamad Nur Kholis akan menggantikan Lukman di pemakaman mantan Wakil Presiden era Presiden Soeharto itu.

Suasana terkini Taman Makam Pahlawan Kalibata tempat dikebumikannya almarhum Presiden ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie sudah dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi pemakaman. (Baca: Romo Magnis Sebut BJ Habibie Pembuka Jalan Demokrasi dan HAM Indonesia)

Pantauan SINDOnews lalu lintas depan Taman Makam Pahlawan Kalibata (TMP) Kalibata nampak terlihat padat dan penjagaan ketat diberlakukan saat memasuki pintu masuk TMP Kalibata.

Adapun almarhum BJ Habibie akan dikebumikan disamping pusara mendiang ibu Ainun. Terlihat liang lahat almarhum BJ Habibie dibalut karpet merah.

Rencananya, Pemakaman akan berlangsung pukul 13.30 WIB. Jenazah Habibie akan diberangkatkan dari rumah duka di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Pemakaman militer ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Lokasi makam Habibie berada disebelah istrinya, Ainun Habibie.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak