alexametrics

Tak Perlu Izin DPR, Istana Kepresidenan Bisa Dibangun di Mana Saja

loading...
Tak Perlu Izin DPR, Istana Kepresidenan Bisa Dibangun di Mana Saja
Mendagri, Tjahjo Kumolo mengatakan membangun Istana Kepresidenan di Papua tidak perlu persetujuan DPR karena bisa dibangun di manapun di berbagai provinsi. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeinginan membangun Istana Presiden di Papua atas permintaan sejumlah tokoh Papua dan Papua Barat saat berkunjung ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/9/2019) kemarin. Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan hal itu tidak perlu persetujuan DPR karena Istana bisa dibangun di manapun di berbagai provinsi.

“Saya kira tidak (perlu izin DPR),” ujar Tjahjo kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Tjahjo menuturkan, Istana Kepresidenan sudah dibangun sebelumnya di sejumlah provinsi seperti misalnya di Yogyakarta, Gedung Grahadi di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Bali, Jawa Barat dan provinsi lainnya.



“Saya kira ndak ada masalah kalau masing-masing di ibu kota provinsi punya gedung negara. Istilahnya kan gedung negara,” terang Tjahjo.

Mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP itu menjelaskan, pusat pemerintahan Indonesia pernah dipindahkan dari Jakarta ke Yogyakarta, lalu pernah juga ke Sumatera Barat. Jadi, gedung negara ini tempat berkantor presiden dan bisa di mana saja.

“Istilahnya Istana itu rumah negara lah, gedung negara yang bisa tempat kantor presiden. Kan wilayahnya luas,” ucapnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak