Soal Asap, Menteri LHK Bakal Layangkan Surat Protes ke Malaysia

Selasa, 10 September 2019 - 19:59 WIB
Soal Asap, Menteri LHK Bakal Layangkan Surat Protes ke Malaysia
Soal Asap, Menteri LHK Bakal Layangkan Surat Protes ke Malaysia
A A A
JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya membatah tudingan bahwa Indonesia menjadi penyebab tunggal munculnya asap di Malaysia. Dia pun berencana mengirimkan surat protes ke Malaysia.

“Saya akan menulis surat kepada Dubes untuk diteruskan kepada menterinya. Jadi saya kira supaya yang betul datanya. Karena apa? Karena pemerintah Indonesia betul-betul secara sistematis mencoba menyelesaikan ini dengan sebaik-baiknya. Tetapi memang harus jelas sumber dari mana, data dari mana. Polanya seperti apa,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Siti mengatakan dari hasil rapat bersama BMKG dipasktikan tidak ada asap lintas negara. Dia mengatakan pemerintah Indonesia terus melakukan pemantauan sejak 2 September malam hingga jelang 3 September pagi. Termasuk 4 sampai 8 September.

“Hotspotnya agak tinggi 8 September sehingga ada sedikit transboundary haze satu jam. Tapi sudah itu hilang lagi,” ungkapnya.

Dia menilai ada informasi yang tidak dibuka oleh Malaysia berkaitan dengan asap. Dalam hal ini bahwa sumber asap tidak semata-mata berasal dari Indonesia.

“Sebetulnya asap yang masuk ke Malaysia, ke Kuala Lumpur, itu dari Serawak kemudian dari Semenanjung Malaya. Dan juga mungkin sebagian dari Kalimantan Barat. Oleh karena itu seharusnya objektif menjelaskannya,” tuturnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2247 seconds (0.1#10.140)