Ingatkan Jamaah, Daker Bandara Edarkan Surat Mabrur Haji

Selasa, 10 September 2019 - 16:52 WIB
Ingatkan Jamaah, Daker Bandara Edarkan Surat Mabrur Haji
Ingatkan Jamaah, Daker Bandara Edarkan Surat Mabrur Haji
A A A
MADINAH - Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 mengeluarkan surat edaran menjaga kemabruran haji. Surat ini diberikan kepada jamaah haji ketika di Bandara Arab Saudi saat akan pulang ke Tanah Air.

"Ini adalah upaya dari kami PPIH Arab Saudi supaya jamaah haji setelah melakukan serangkaian ibadah, mulai ketika masuk Mekkah, Madinah, kemudian di Masyair, ingat bahwa haji itu bukan sekedar runtutan ibadah tapi ada yang lebih penting lagi yaitu kemabruran haji," kata Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah, PPIH 2019, Arsyad Hidayat, Selasa (10/9/2019).

Dijelaskan, dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bagi haji mabrur tidak ada balasan yang sepadan kecuali surga". Kemudian para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apa sebenarnya haji mabrur itu?". Dalam sebuah riwayat Rasulullah menjawab, "yang pertama yaitu memberikan makan atau bersedekah, yang kedua menyebarkan perdamaian". Tapi di riwayat lain dikatakan "ucapan-ucapan yang baik".

"Jadi sebenarnya itu hanya ingin mengingatkan kepada jamaah bahwa setelah nanti pulang, tolong sifat-sifat yang disampaikan di dalam hadits Rasulullah itu bisa diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Menurut Arsyad, surat edaran tersebut berisi tiga aspek, yakni etika, ubudiyah, dan sosial. Aspek etika adalah bagaimana jamaah memperbaiki akhlaknya. Aspek ubudiyah terkait peningkatan ibadah ketika telah berada di Tanah Air. Aspek sosial, interaksi jamaah dengan tetangga dan lingkungnnya menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Saya kira kita kan manusia, sering lupa, selalu harus terus diingatkan. Mudah-mudahan dengan mengingatkan itu, jamaah ketika di pesawat, juga ketika tiba di embarkasi, mereka ingat ada edaran tentang mabrur haji. Mudah-mudah itu juga bisa dipraktikkan dalam kehidupan jamaah haji pada periode setelahnya," katanya.

Terpisah, petugas TPIHI Kloter 33 Embarkasi Ujung Pandang (UPG), Hasan Husain mengaku telah menerima surat edaran menjaga kemabruran haji dari Daker Bandara. Dia berjanji akan menyampaikan surat edaran tersebut kepada seluruh jamaah haji di kloternya.

"Surat tersebut akan disosialisasikan dan akan diterapkan di Tanah Air. InsyaAllah (surat edaran kemabruran haji) berguna bagi jamaah haji," katanya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4774 seconds (0.1#10.140)