Majukan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Giatkan Kopi Nusantara

Selasa, 10 September 2019 - 14:29 WIB
Majukan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Giatkan Kopi Nusantara
Majukan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Giatkan Kopi Nusantara
A A A
JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus melakukan terobosan dalam meningkatkan kehidupan masyarakan pedesaan. Hal ini dilakukan Kemendes PDTT, salah satunya dengan kegiatan Festival Kopi Nusantara.

Menurut Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT), Samsul Widodo, penyelenggaraan Festival Kopi Nusantara bertujuan untuk mempromosikan kopi-kopi nusantara pada masyarakat luas, termasuk Kopi Nias sebagai salah satu kopi tertua di dunia.

"Selain untuk mempromosikan kopi-kopi Indonesia, melalui kegiatan ini (Festival Kopi Nusantara) juga untuk memberikan edukasi pengolahan kopi kepada para petani dan pelaku usaha kopi di Nias," ujar Samsul Widodo, Selasa (10/9/2019).

Kegiatan yang terbuka untuk masyarakat umum ini menghadirkan puluhan pelaku usaha kopi, BUMDes dan brand kopi, baik lokal maupun nasional, seperti Kopi Janji Jiwa, Tanamera Coffee, Exelco Coffee, Kopi Kayumas BUMDes Surya Abadi Situbondo.

Kemudian Kopi Cupunagara BUMDes Raharja Malang, Kopi Donomulyo BUMDes Raharja Malang, Kopi Anaktu Bengkulu, Kopi Aceh, Mora Coffee serta brand kopi lokal Nias seperti Lasara Point, Kopi Kece-Kece, Tabadu Coffee, dan masih banyak lagi.

Menurut Samsul Widodo, kegiatan Festival Kopi Nusantara ini akan dikemas dengan konsep Milenial. "Jadi selain pameran kopi, akan ada atraksi barista, interactive games, acoustic band, layar tancap, dan talkshow," ujar Samsul.

Minuman kopi memang sedang digemari oleh kaum milenial, oleh karena itu Kemendes PDTT mencoba menghadirkan konsep kegiatan yang kekinian. Misalnya dengan menggandeng Misbar Cinema yang akan menghadirkan movie experience cinema, di mana konsepnya membawa cinema ke luar ruangan, tidak jauh berbeda dengan budaya layar tancap tetapi dengan gaya yang lebih milenial.

Selain itu, Festival Kopi Nusantara juga akan menghadirkan MonsterAR yang akan mengaplikasikan sebuah teknologi Augmented Reality. Festival Kopi Nusantara sendiri akan berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 11 hingga 14 September 2019 di Area Taman Ya’ahowu, Kota Gunungsitoli.

Melalui Sail Nias 2019, merupakan salah satu event tahunan Indonesia yang bertaraf internasional. Rangkaian kegiatan Sail Nias 2019 berlangsung sejak tanggal 3-15 September 2019 yang terbagi di Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, dan Kabupaten Nias Utara.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6520 seconds (0.1#10.140)