alexametrics

SBY: Demokrasi Tak Harus Selalu Diwarnai Sistem One Person One Vote

loading...
SBY: Demokrasi Tak Harus Selalu Diwarnai Sistem One Person One Vote
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap perpolitikan Indonesia ke depan bisa menjadi politik yang baik bagi bangsa yang majemuk seperti Indonesia. SINDOnews/Raka
A+ A-
BOGOR - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap perpolitikan Indonesia ke depan bisa menjadi politik yang baik bagi bangsa yang majemuk seperti Indonesia.

SBY juga berharap perpolitikan di Indonesia makin guyub dan teduh. "Esensinya, ke depan, politik kita harus makin menjadi politik yang baik bagi bangsa yang majemuk," ujar SBY di Pendopo Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9/2019).

Maka dari itu, SBY ingin proses demokrasi mencari pemimpin atau wakil rakyat tidak selalu diputuskan dengan sistem satu orang, satu suara. "Demokrasi tak harus selalu diwarnai dan diselesaikan dengan sistem one person, one vote. Tapi juga ada semangat lain," jelasnya.



Presiden ke-6 RI juga menyoroti fenomena pemenang pemilu bisa mengambil kekuasaan. Menurutnya, kondisi ini tidak relevan dengan semangat kekeluargaan dan karakteristik masyarakat yang majemuk. "Prinsip 'the winner take all' yang ekstrim seringkali tidak cocok dengan semangat kekeluargaan dan keterwakilan bagi masyarakat dan bangsa yang majemuk," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak