Polemik Esemka, DPR Minta Hargai Usaha Anak Bangsa

Minggu, 08 September 2019 - 16:20 WIB
Polemik Esemka, DPR Minta Hargai Usaha Anak Bangsa
Polemik Esemka, DPR Minta Hargai Usaha Anak Bangsa
A A A
JAKARTA - Produksi mobil Esemka sempat menjadi polemik, karena mobil Esemka jenis Bima yang diklaim kreasi anak bangsa itu, mirip dengan mobil pabrikan dari China, Changan Star Truck. Kemiripan itu mulai dari tampak depan, samping hingga bagian belakang mobil.

Menanggapi derasnya kritik dari masyarakat, Anggota DPR Ketua Fraksi Hanura, Inas N Zubir mengungkapkan, semua pihak untuk menghargai terlebih dahulu kreasi anak bangsa. Menurutnya, Esemka bisa menjadi pionir terciptanya produksi kendaraan mobil dalam negeri di Indonesia.

"PT Solo Manufaktur Kreasi, telah mengarungi jalan yang terjal untuk mewujudkan cita-cita bangsa ini dalam mewujudkan mobil buatan Indonesia, sejak tahun 2007," kata Inas, Minggu (8/9/2019).

Esemka sambung Inas, awalnya merupakan inisiatif Wali Kota Solo pada waktu itu masih dijabat Jokowi untuk memotivasi pelajar SMKN 1 Solo dalam merakit mobil dalam negeri pertama.

"Perjalanan yang tidak mudah tersebut akhirnya membuahkan hasil, walaupun baru merakit mobil buatan Cina tapi sudah mengandung komponen-komponen dalam negeri dan seharusnya para politikus-politikus bawel tersebut mendukung niat baik tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), pabrikan mobil Esemka di Boyolali, Jawa Tengah. Mobil yang diproduksi dua jenis pikap.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5946 seconds (0.1#10.140)