Saudi Pastikan Program Eyab bagi Jamaah Haji Akan Dilanjutkan

Kamis, 05 September 2019 - 05:17 WIB
Saudi Pastikan Program Eyab bagi Jamaah Haji Akan Dilanjutkan
Saudi Pastikan Program Eyab bagi Jamaah Haji Akan Dilanjutkan
A A A
MADINAH - Pemerintah Arab Saudi memastikan akan meneruskan program Eyab sebagai layanan percepatan pemulangan jamaah haji pada tahun-tahun mendatang. Saudi juga berjanji akan terus menambah jumlah jamaah haji yang mendapatkan fasilitas dari inovasi ini.

Hal ini disampaikan Kepala Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, Madjid Abu Daud kepada tim Media Center Haji (MCH) saat menyambut jamaah haji Indonesia di Lounge Eyab, Rabu (4/9/2019). Menurutnya, Eyab nantinya tidak hanya menyasar negara tertentu tapi seluruh jamaah haji yang ada.

"Kami akan meningkatkan jumlahnya setiap tahun dan terus mengakomodasi banyak jamaah haji ke depannya. Ini adalah tahun pertama dan saya berharap kami bisa menambah dari tahun ke tahun dan bisa melayani semuanya suatu saat nanti," katanya.

Pada tahun ini, jumlah jamaah haji yang menikmati Eyab ditargetkan sebanyak 30.000 orang. Jumlah ini akan terus bertahan setiap tahun, termasuk negaranya. Arab Saudi akan belajar dari pelaksanaan Eyab pada tahun pertama ini, sehingga ke depan akan lebih baik.

Menurut Madjid, Indonesia menjadi negara pertama yang menikmati program Eyab karena pengelolaan jamaah hajinya sangat baik dan mengikuti instruksi yang diberikan, sehingga membuat pekerjaan petugas Arab Saudi menjadi sangat mudah.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Wakil Menteri Haji dan Umrah Bidang Ziarah di Madinah, Mohammad Abdurrahman Albejawi. Indonesia dipilih karena persiapan dan sistem pengelolaan jamaah hajinya sangat baik. Hal itu bisa dilihat pada awal kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah. Pengaturannya sangat baik dan rapih.

"Ini juga diperlihatkan dengan kerja sama pihak pemerintah maupun kantor urusan haji itu sangat erat sekali, sehingga bisa terealisasi inovasi ini," katanya.

Abdurrahman mengaku sangat senang karena setiap tahun selalu ada inovasi pelayanan yang dilakukan pemerintahnya untuk jamaah haji. Sebelumnya ada fast track untuk mempercepat kedatangan jamaah haji di Arab Saudi dan tahun ini ada Eyab yang mempercepat pemulangan jamaah haji ke Tanah Air.

"Kami berharap inovasi ini ke depan akan lebih baik dan akan lebih banyak jamaah haji yang diterima di Eyab. Dari Indonesia dan mungkin negara-negara lain akan diikutsertakan dalam inovasi ini," katanya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5529 seconds (0.1#10.140)