Pemerintah Disarankan Lakukan 3 Langkah Ini Terkait Konflik di Papua

Senin, 02 September 2019 - 03:46 WIB
Pemerintah Disarankan Lakukan 3 Langkah Ini Terkait Konflik di Papua
Pemerintah Disarankan Lakukan 3 Langkah Ini Terkait Konflik di Papua
A A A
JAKARTA - Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana menilai, terkait insiden yang terjadi di Papua negara-negara di dunia kecuali mungkin negara Pasifik, akan tetap mengakui Papua sebagai bagian dari NKRI. Tentu akan ada pihak-pihak dari luar negeri seperti Benny Wenda yang ingin memanfaatkan bahkan mengeksploitasi masyarakat di Papua agar terprovokasi untuk merdeka.

"Meski perlu diwaspadai apa yang dilakukan pihak-pihak luar, termasuk Benny Wenda (tokoh perjuangan rakyat Papua yang tinggal di Inggris), saya yakin negara-negara di dunia tidak akan mengakui kemerdekaan Papua," kata Hikmahanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu 1 September 2019.

Namun demikian, kata dia, pemerintah perlu melakukan sejumlah langkah. Pertama meminta kepada perwakilan di luar negeri untuk berkomunikasi secara intens. (Baca Juga: Jimly: Tokoh Masyarakat Jangan Membuat Panas Situasi di Papua
Kedua, kata dia, pemerintah perlu berkomunikasi ke media mancanegara. Hal itu perlu dilakukan sebagai upaya mengatasi persoalan di Papua. (Baca Juga: Wiranto Pastikan Akses Internet di Papua Dibuka Setelah Kondisi Aman
"Termasuk Perwakilan di luar negeri untuk bicara dengan media setempat, tentang apa yang terjadi di Papua dan upaya penanggulangannya," paparnya.

Ketiga, sambung dia, pemerintah perlu memberikan briefing kepada perwakilan dari berbagai negara yang ada di Jakarta terkait insiden di Papua dan penanggulangannya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3619 seconds (0.1#10.140)