Sejumlah Nama Ini Dianggap Warganet Layak Mengisi Posisi Menteri

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 21:42 WIB
Sejumlah Nama Ini Dianggap Warganet Layak Mengisi Posisi Menteri
Sejumlah Nama Ini Dianggap Warganet Layak Mengisi Posisi Menteri
A A A
JAKARTA - Meski Pemilu 2019 telah selesai serta partai politik (parpol) maupun capres dan cawapres sudah ditetapkan pemenangnya, namun polarisasi di tingkat bawah masih terjadi. Hal ini ditandai dengan sejumlah isu politik yang masih direspons warganet.

Salah satu masalah politik yakni terkait figur nama yang dinilai layak untuk posisi menteri di kabinet Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin. Partisipasi aktif mereka ditunjukkan saat membicarakan profil kandidat-kandidat calon menteri yang potensial baik dengan mendukung figur lama maupun nama baru.

Hal ini dikatakan oleh Risang B Dhananto, VP Marketing dari Opini.id, dalam siaran pers, Sabtu (31/8/2019). Risang menjelaskan, sejak diluncurkannya game politik Kabinetijen di Opini.id pada 8 Agustus 2019 hingga berjalan selama sekitar 3 minggu, telah terbentuk lebih dari 2.200 susunan kabinet versi netizen.

(Baca juga: Soal Kabinet, Mega Tunggu Pelantikan DPR dan Presiden-Wapres)

Setiap orang bisa memilih nama kabinetnya berikut keterangan singkat visi misinya kemudian memilih nama calon menteri di setiap pos kementerian.

"Sejumlah nama menteri yang masih menjabat saat ini masih menjadi favorit pilihan netizen. Namun, tidak sedikit yang mengusulkan nama-nama kandidat baru yang dianggap lebih cocok mengisi pos kementerian tertentu," ucap Risang B Dhananto.

Nama Susi Pudjiastuti calon menteri paling populer pilihan warganet. Kebijakannya menenggelamkan kapal ilegal pencuri ikan masih mendapat apresiasi positif meskipun ada yang mengkritik sejumlah kebijakannya seperti larangan penggunaan alat tangkap cantrang.

Kemudian Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, dan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar juga masuk dalam daftar teratas kandidat favorit.

Tri Wahono, selaku editor in chief Opini.id, juga mengungkapkan, yang menarik adalah banyaknya nama-nama baru yang dipilih netizen untuk masuk kabinet.

"Antara lain mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir dan Wishnutama Kusubandio yang mengawal kampanye Jokowi selama Pilpres 2019 berlangsung," ucap Tri.

Harapan netizen agar Presiden Jokowi memasukkan lebih banyak tokoh dari kalangan profesioal ke kabinet juga tampak dari usulan nama-nama baru yang muncul. Antara lain Ilham Habibie, Direktur KAI Edi Sukmoro, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Rhenald Kasali, Yenny Wahid, dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) Jamhari.

Beberapa nama kepala daerah dan mantan kepala daerah juga jadi favorit netizen. Misalnya Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan mantan Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi.

Dalam beberapa kesempatan Jokowi sempat menyebut akan memilih salah satu kepala daerah ke dalam jajaran kabinetnya. Apakah salah satu dari favorit netizen ini yang akan dipilih? Beberapa tokoh partai juga favorit jadi calon menteri. Ada nama politisi PDIP Budiman Sujatmiko.

Berikut daftar 20 peringkat teratas berdasarkan Favorit Netizen 2019

1. Susi Pudjiastuti (3,38 %)

2. Sri Mulyani Indrawati (3,08%)

3. Basuki Tjahaja Purnama (2,57%)

4. Erick Thohir (2,42%)

5. Tri Rismaharini (2,18%)

6. Nadiem Makarim (2,08%)

7. Ilham Habibie (1,94%)

8. Yenny Wahid (1,94%)

9. Basuki Hadimuljono (1,93%)

10. Retno LP Marsudi (1,90%)

11. Mahfud MD (1,83%)

12. Budiman Sujatmiko (1,66%)

13. Ridwan Kamil (1,63%)

14. Agus Harimurti Yudhoyono (1,62%)

15. Dedy Mulyadi (1,58%)

16. Arcandra Tahar (1,56%)

17. Wishnutama Kusubandio (1,50%)

18. Sandiaga Uno (1,48%)

19. Yusril Ihza Mahendra (1,43%)

20. Grace Natalie (1,42%)

Game Kabinetijen akan berlangsung hingga 30 September 2019. Netizen masih antusias untuk dapat menyusun kabinet versi mereka sendiri. Ada hadiah mingguan untuk 2 netizen terpilih masing-masing voucher Gopay sebesar Rp 50.000 dan 2 smartphone Oppo F5 untuk 2 pemenang di akhir periode. Yuk buat kabinet versimu, pilih menterinya dan pamerkan di Opini.id/kabinetijen #kabinetijen #KaloGuePresiden.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7305 seconds (0.1#10.140)