alexametrics

Majapahit, Kerajaan yang Mengenal Sistem Demokrasi

loading...
Majapahit, Kerajaan yang Mengenal Sistem Demokrasi
Ketua KSBN Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji menyatakan, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang luar biasa. (Foto/Okezone)
A+ A-
JAKARTA - Ketua Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji menyatakan, Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan yang luar biasa, karena dalam sejarahnya, Majapahit sudah mengenal sistem demokrasi dan pertanian yang terintegrasi.

Dia mengungkapkannya, sebagai landasan menggelar Seminar Nasional Majapahit dengan latar belakang sejarah. Menurutnya, seminar digelar bukan dimaksudkan untuk kembali pada masa lalu, bukan untuk nostalgia, tapi menjadikan sejarah untuk ke depannya menjadi lebih baik.

"Majapahit bukan sekadar kerajaan biasa, tapi kerjaan yang sudah mengenal sistem demokrasi, hukum serta otonomi daerah sebelum dunia mengenal trias politica pada abad 19," kata Hendardji di Museum Nasional Jakarta, Kamis (29/8/2019).



Hendardji menjelaskan, dalam seminar nanti akan dibahas pola-pola pemerintahan dan sistem kebijakan yang diterapkan Pemerintahan Kerajaan Majapahit pada masa lalu. Bahkan, dasar negara Indonesia juga banyak mengambil dari Majapahit, khususnya yang tertulis dalam Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular.

"Nilai-nilai yang dimiliki Kerajaan Majapahit di masa lalu itu diharapkan dapat menjadi inspirasi yang dapat dimanfaatkan seluruh komponen bangsa menghadapi tantangan masa depan untuk Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak