alexametrics

Kemendikbud Gelar Seminar Nasional tentang Kejayaan Majapahit

loading...
Kemendikbud Gelar Seminar Nasional tentang Kejayaan Majapahit
Kemendikbud dan KSBN gelar seminar Majapahit: Refleksi Kejayaan Negara Agraris, Maritim, dan Demokrasi Deliberatif, Dahulu, Kini dan Masa yang Akan Datang. (Foto/Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) memperkenalkan sejarah tentang Kerajaan Majapahit pada masyarakat luas melalui seminar dengan tema "Majapahit : Refleksi Kejayaan Negara Agraris, Maritim, dan Demokrasi Deliberatif, Dahulu, Kini dan Masa yang Akan Datang".

Mendikbud Muhadjir Effendy, menyatakan mendukung agenda tersebut dan mengharapkan masyarakat dapat mengambil nilai-nilai historis untuk bekal Pembangunan Indonesia kedepan.

"Ini dalam rangka untuk menggali khasanah budaya yang berkaitan dengan kemaharajaan Majapahit, kita angkat, kita rekonstruksi untuk diambil nilai-nilai historisnya untuk pembangunan indonesia kedepan, oleh karena itu saya mendukung karena bagus untuk kedepannya," ucap Muhadjir Effendy, dalam seminar di Museum Nasional Jakarta, Kamis (29/8/2019).



Dia juga berharap dalam seminar nanti mengungkap terkait pelestarian tradisi dan nilai-nilai budaya yang terkandung pada zaman majapahit tersebut.

"Tujuannya menjadikaj nilai dan pengalaman sejarah kejayaan majapahit jadi modal sosial bagi kemajuan negara kita dari berbagai tantangan nasional, regional dna global," jelasnya.

Pengaruh masuknya Majapahit sebagai bagian dari hegemoni dunia pada abad XIII sampai abad XV dapat memeberikan kontribusi yang cukp besar terhadao peradaban dunia.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak