alexametrics

Hari Ini, Presiden Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

loading...
Hari Ini, Presiden Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan lokasi pemindahan ibu kota negara hari ini. Hal ini dipastikan dengan dengan adanya pengumuman di akun Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam video yang berjudul "Upcoming Live | Presiden Jokowi Mengumumkan Ibu Kota Baru" terdapat cuplikan-cuplikan pernyataan Presiden Jokowi terkait dengan pemindahan ibu kota negara. Di akhir video disampaikan bahwa pengumuman akan disiarkan langsung melalui akun tersebut.

Sebelummya terkait lokasi ibu kota baru masih telah di tetapkan di Pulau Kalimantan. Namun begitu, kepastian lokasi masih belum ditetapkan. Bahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil sempat membenarkan bahwa lokasi ibu kota negara yang baru ada di Kalimantan Timur saat ditanyai wartawan.



Saat dikonfirmasi langsung, Presiden mengatakan masih belum menetapkan lokasi. Dia mengatakan akan mengumumkan lokasinya jika sudah waktunya. “Akan kita umumkan pada waktunya. Masih menunggu kajian,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (22/8/2019).

Dia mengatakan setidaknya masih ada dua kajian yang belum rampung terkait lokasi ibu kota baru. “Dua kajian belum disampaikan kepada saya. Masih tunggu satu, dua kajian,” tuturnya.

Pada Jumat lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menyerahkan dua kajian terkait lokasi ibu kota negara baru yang ditunggu Presiden Jokowi.

“Saya dipanggil Presiden, sekaligus kami menyerahkan detail kajian yang kemarin masih diminta Pak Presiden mengenai Ibu Kota baru. Dua detail itu terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota baru. Jadi sudah kami serahkan,” katanya di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dia mengatakan bahwa kondisi struktur tanah dan dampak ekonomi tersebut merupakan hal yang harus didalami. Dia mengungkapkan bahwa presiden akan mempelajarinya sebelum mengambil keputusan.

“Dan presiden akan melihat dan mereview. Dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan,” tuturnya.

Dikonfirmasi terkait informasi ibu kota negara baru di Kalimantan Timur, Bambang tidak menjawabnya secara jelas. Dia mengatakan bahwa hal tersebut akan diumumkan oleh presiden secara langsung. “Tunggu pengumuman istana ya,” ungkapnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak