Hendardi: Semua Masukan Soal Tracking Capim KPK Sudah Diklarifikasi

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 17:22 WIB
Hendardi: Semua Masukan Soal Tracking Capim KPK Sudah Diklarifikasi
Hendardi: Semua Masukan Soal Tracking Capim KPK Sudah Diklarifikasi
A A A
JAKARTA - Anggota Pansel KPK Hendardi mengucapkan terima kasih kepada KPK dan sejumlah lembaga negara yang telah membantu Pansel dengan memberikan tracking terhadap 40 capim hasil seleksi Pansel. Termasuk juga masukan-masukan yang diberikan masyarakat.

Menurut Hendardi, Pansel KPK menerima hasil tracking pada tahapan profile assessment tidak hanya dari KPK tapi juga dari tujuh lembaga negara lainnya seperti, BNPT, BNN, Polri, PPATK, BIN, Dirjen Pajak dan MA.

”Semua masukan tracking tersebut dan masukan dari masyarakat melalui email, surat dan sebagainya kami pelajari, klarifikasi serta recheck kembali,” ujar Hendardi, menanggapi pernyataan Jubir KPK tentang hasil seleksi Pansel KPK dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Sabtu (24/8/2019).

Menurut Hendardi, tracking dan masukan-masukan itu tentu saja ada yang berkategori kebenaran, indikasi atau sudah dan belum berkekuatan pasti. ”Dan semua itu kami klarifikasi terhadap pihak yang menyampaikan tracking dari lembaga-lembaga tersebut,” katanya.

Jadi, jika lembaga seperti KPK menyampaikan tracking itu belum tentu semua memiliki kategori kebenaran atau kepastian hukum.

”Bisa berupa indikasi yang nantinya dapat diperdalam dalam tahapan seleksi berikutnya. Jika temuan merupakan kebenaran atau berkekuatan hukum tentu tidak kami toleransi,” katanya.

Hendardi menilai, jika KPK dan lembaga-lembaga tersebut atau masyarakat menyampaikan hasil tracking atau masukan secara terbuka dan menyebutkan nama-nama mereka di ruang publik silakan saja.

”Namun jika itu belum merupakan kebenaran atau mempunyai kepastian hukum tentu pihak-pihak tersebut memiliki konsekuensi hukum dengan capim yang bersangkutan,” ujarnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4211 seconds (0.1#10.140)