alexametrics

IPW: Polisi Jadi Pimpinan KPK Bukan Hal Baru

loading...
IPW: Polisi Jadi Pimpinan KPK Bukan Hal Baru
Ketua Presidium Indonesia Pokice Watch (IPW) Neta S Pane. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Ketua Presidium Indonesia Pokice Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, sejumlah pihak, terutama internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak perlu panik dengan masuknya sejumlah jenderal polisi menjadi pimpinan KPK, bahkan menjadi Ketua KPK sekalipun.

Masuknya jenderal polisi menjadi pimpinan KPK dikatakan Neta bukan hal baru. Dulu pernah ada Irjen Taufiqurramham Ruki dan Irjen Bibit Samad Rijanto. Bahkan di era kedua jenderal polisi senior itu, KPK solid.

"Indonesia Police Watch (IPW) melihat adanya kepanikan sejumlah pihak dengan akan masuknya dua jenderal polisi menjadi pimpinan KPK. Pernyataan internal KPK terlihat dari pernyataannya yang mempermasalahkan bahwa enam capim KPK belum menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Pernyataan ini sangat aneh, mereka kan baru capim dan belum menjadi pimpinan KPK," katanya, Kamis (22/8/2019).



Jika sudah menjadi pimpinan KPK,kata dia, boleh dipermasalahkan. Menurut dia, jika pun sudah menjadi pimpinan KPK, mereka tidak menyerahkan LHKPN sebenarnya tidak ada masalah karena tidak ada sanksi hukumnya. Sebab kententuan LHKPN itu tidak jelas untuk apa.

Namun anehnya, kata dia, ada pihak yang mempolitisasinya dan menjadikan LHKPN seperti hantu menakutkan.

Dia menilai era KPK pertama bisa disebut sukses saat dipimpin Irjen Pol Purn Taufiqurrahman Ruki. Saat menjabat pimpinan KPK, Ruki juga tidak sungkan meringkus koleganya sesama polisi yang korupsi.

Begitu juga dengan Irjen Pol Purn Bibit Samad Rianto. Bahkan hingga Bibit terus aktif dalam gerakan pemberantasan korupsi, meski sudah tidak di KPK, dengan cara mendirikan Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK).
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak