alexametrics

Sandiaga Uno: Oposisi Zaman Now, Bicara Data dan Tak Harus Bermusuhan

loading...
Sandiaga Uno: Oposisi Zaman Now, Bicara Data dan Tak Harus Bermusuhan
Sandiaga Uno saat berbicara dalam diskusi di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019). Foto/SINDOnews/Raka Dwi Novianto
A+ A-
JAKARTA - Sandiaga Salahuddin Uno lebih memilih menjadi oposisi bagi Pemerintah Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf).

Meski demikian, mantan calon wakil presiden pada Pilpres 2019 itu menilai oposisi tidak harus bermusuhan dengan pemerintah.

"Kemitraan ke depan oposisi di luar pemerintahan itu tidak selalu harus bermusuhan, betul? Oposisi bisa juga bersahabat sebagai mitra, kita tidak perlu selalu bicaranya keras," ujar Sandi dalam diskusi di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).



Bagi oposisi, lanjut dia, semua masukan untuk pemeritahan tidak harus disampaikan secara keras seperti zaman dulu. Oposisi zaman "now", kata dia, dapat menyampaikan masukan secara santun.

"Zaman now itu kita bicara ya sesuai dengan fakta secara santun kita sampaikan," katanya.

Oposisi zaman "now", lanjut Sandi, didukung dengan masukan santun yang bersifat konstruktif, bukan destruktif. Masukan semata-mata untuk ikut membangun pemeritahan

"Apa yang kita sampaikan ini membantu kepada pemerintah, kita enggak bicara mengenai polemik one off atau satu persatu tapi kita bicara mengenai suatu hal yang lebih fundamental," ungkapnya.

Selain itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan pentingnya reformasi secara struktural di Indonesia. Bukan reformasi berbasis kepentingan kelompok atau disebut oligarki.

"Saya tahu bagaimana dunia usaha itu sangat dekat dengan pengambilan kebijakan. Oleh karena itu, kita di sini harus mampu kritis menyampaikan posisi-posisi dan pandangan kita semua," katanya.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak