alexametrics

Menpan-RB Apresiasi Polisi Berhasil Ungkap Dua Kasus Ini

loading...
Menpan-RB Apresiasi Polisi Berhasil Ungkap Dua Kasus Ini
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin memberikan penghargaan kepada Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya yang berhasil mengungkap kasus penipuan pengadaan CPNS dan mafia properti dengan omset miliaran rupiah.

"Selamat kepada Polri atas prestasi yang diraih dalam pengungkapan dua kasus yang menjadi atensi publik dan berhubungan dengan reformasi birokrasi," ujar Syafruddin dalam siaran persnya, Rabu (21/8/2019). (Baca juga: Tipu Puluhan Honorer hingga Rp5,7 Miliar, PNS Gadungan Diciduk Polisi)

Dia menegaskan, pengungkapan dua kasus ini merupakan bentuk nyata institusi kepolisian dalam mendorong dan mengawal perjalanan reformasi birokrasi di Indonesia.



Kasus mafia properti dinilainya sangat mengganggu pelayanan pemerintah pada sektor properti dan agraria. "Adanya mafia properti ini dapat mengacaukan pertumbuhan investasi karena akses pelayanan jasa keuangan menjadi sulit dan tumpang tindih," ungkap mantan Wakapolri ini. (Baca juga: Polda Metro Kembali Ciduk Komplotan Penipu Jual Beli Rumah)

Sementara penipuan pengadaan CPNS yang telah berlangsung dari tahun 2011 hingga 2018 telah merusak fokus kinerja pemerintah membangun SDM melalui program pembangunan Smart ASN sebagai pilar penyangga masa depan bangsa.

"Kita ingin memiliki bibit ASN terpilih dan yang terbaik, bukan yang dititip atau lulus tanpa kemampuan," katanya.

Pemerintah menginginkan rekrutmen yang baik, profesional, bersih dan tidak ada calo. "Jangan ada yang bermain dengan proses rekrutmen CPNS. Jangan ada yang bermain dengan semua hal yang menghambat birokrasi, yang membuat birokrasi lamban, berbelit dan tidak responsif harus dikikis habis," tutur Syafruddin.

Bahkan, kata dia, untuk mendorong penguatan kapasitas ASN Nasional, Kementerian PAN-RB menginisiasi kerjasama dengan beberapa universitas ternama internasional. Sebab ke depan kinerja ASN harus bertumpu pada universitas sebagai pilar keilmuan dan membudayakan riset dalam pola kerja.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak