alexametrics

Berdayakan Potensi Masyarakat lewat Bina Desa

loading...
Berdayakan Potensi Masyarakat lewat Bina Desa
Mahasiswa Unsika yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBi) menggelar acara Bina Desa di Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Sekumpulan mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBi) menggelar acara Bina Desa di Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Bina Desa merupakan acara yang diinisasi oleh GenBi Unsika pada Minggu 18 Agustus 2019. GenBi adalah kumpulan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Bank Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memperdayakan masyarakat maupun lingkungan di desa-desa di Kabupaten Karawang, salah satunya Dusun Tangkolak, Desa Sukakerta.

Dalam pembukaan Bina Desa, hadir perwakilan Pejabat Bank Indonesia Bandung serta dinas terkait di pemerintah daerah setempat serta masyarakat.Novita Evans Simamora mewakili BI Bandung menjelaskan BI memelopori program Bina Desa untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap desa desa di wilayah Indonesia.
Nantinya desa tersebut secara mandiri meningkatkan sumber daya, baik berupa alam, maupun sumber daya manusia.



Langkal awal yang akan dilakukan untuk Bina Desa, yaitu menyusun program kerja tentang penanganan sampah. Program tersebut melibatkan masyarakat.

Selain itu, kata dia, pembenahan infastruktur untuk menunjang dalam kegiatan Bina Desa. Infrastruktur yang dimaksud, yaitu pembuatan penahan sampah di Pantai Dusun Tangkolak, yang terletak di hutan mangrove serta penanaman bibit mangrove.

Selain fokus potensi wisata sendiri, Bina Desa juga concern pada bidang lain di antaranya ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial masyarakat.

"Pada dasarnya BI mengupayakan inisiasi kegiatan Bina Desa. Pada dasarya desa ini milik warga Dusun Tangkolak. Ke depann kami berharap adanya komitmen kuat dari masyarakat Tangkolak ini , dan dikemudian hari masyarakat secara pribadi mau mengelola area wisata hutan mangrove yang ada di Dusun Tangkolak," tutur Novita.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak