alexametrics

Detik-detik Proklamasi 2019

Dari Presiden Gunakan Mobil hingga Tepuk Lengan Komandan Upacara

loading...
Dari Presiden Gunakan Mobil hingga Tepuk Lengan Komandan Upacara
Presiden dan Wapres berada dalam satu mobil memasuki lapangan upacara melalui gerbang Istana Merdeka, berhenti tepat di depan tangga mimbar upacara. (Foto/Ilustrasi/SINDOphoto)
A+ A-
JAKARTA - Ada yang berbeda dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-74. Jika di tahun sebelumnya Pesiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) beserta Mufidah Jusuf Kalla, memasuki lapangan upacara berjalan kaki dan langsung dari Istana Merdeka, berbeda dengan tahun ini.

Presiden dan Wapres berada dalam satu mobil berplat Indonesia memasuki lapangan upacara melalui gerbang Istana Merdeka. Iring-iringan mobil tersebut berhenti tepat di depan tangga mimbar upacara.

Hal lain yang nampak berbeda adalah ketika Presiden Jokowi turun ke tengah lapangan untuk menyalami Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. Seusai upacara presiden sempat menyalami para duta besar negara sahabat.



Setelah itu bukannya kembali ke mimbar upacara, Mantan Wali Kota Surakarta itu mendekati Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo untuk bersalaman. Presiden juga smepat menepuk lengan Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo. Tak jelas apa yang dikatakan presiden, namun nampak Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo mengucapkan kata siap.

Upacara HUT RI di Istana Merdeka Jakarta sendiri berlangung lancar dan khidmat. Sebelum upacara dimulai berbagai pentas seni ditampilkan untuk menghibur para tamu undangan. Salah satunya adalah tarian-tarian dari berbagai daerah.

Selain itu juga ada kirab budaya yang mengarak Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monas hingga Istana Merdeka. Kirab tersebut menggunakan kereta kencana Ki Jaga Raksa milik Pemerintah Kabupaten Purwakarta.

Dentuman meriam sebanyak 17 kali pun menandai dimulainya upacara Detik Detik Proklamasi. Seusai dentuman meriam dilanjutkan dengan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPD Osman Sapta Odang.

Sementara itu tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi adalah Tim Merah. Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Rafi Ahmad Falah sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Banten, Rayhan Alfaro Ferdinand Siregar sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi DKI Jakarta, dan Rangga Wirabrata Mahardika sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat.

Sebagaimana tahun sebelumnya, atraksi pesawat tempur milik TNI AU juga memeriahkan HUT RI ke 74 di Istana Merdeka Jakarta.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak