alexametrics

Jokowi Sebut Kabinet Sudah Final, Pengamat: Masih Bisa Berubah

loading...
Jokowi Sebut Kabinet Sudah Final, Pengamat: Masih Bisa Berubah
Presiden Jokowi menegaskan komposisi menteri kabinetnya telah final dan tinggal diumumkan. Mayoritas kursi kabinet diisi oleh kalangan progesional. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Jokowi mengatakan, susunan menteri kabinet sudah final dan tinggal diumumkan. Presiden terpilih itu menyatakan, mayoritas komposisi kabinet berasal dari kalangan profesional.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menyebut, meski Jokowi menyatakan susunan kabinet sudah final, namun dia meyakini nama-nama tersebut masih bisa berubah.

"Sebelum pengumuman, mungkin saja bisa diotak atik nama yang ada, kita masih ingat dulu, nama Mahfud yang sudah final saja, tiba tiba berganti Ma’ruf Amin sebagai pendamping Jokowi," kata Pangi saat dihubungi SINDOnews, Kamis (15/8/2019).



Pangi membenarkan, Jokowi tinggal mengumumkan susunan kabinetnya. Namun dia meyakini sampai saat ini masih terjadi lobi-lobi tingkat partai koalisi pengusung. (Baca juga: Kabinet Jokowi-Ma'ruf Lebih Banyak Kalangan Profesional)

Pangi menganggap, jika pun menyatakan tinggal diumumkan, hal itu merupakan bagian stretegi Jokowi agar koalisi tak grasak grusuk masuk dalam pusaran nama-nama menteri. Menurut dia, saat ini hak prerogatif Presiden tengah diuji, apakah tetap bisa otonom tanpa diintervensi partai.

"Apabila intervensi parpol dalam penyusunan kabinet dan reshuffle cukup tinggi, akan mereduksi kekuasaan Presiden (hak prerogatif)," tandasnya.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak