Pemilih Prabowo Bisa Terpengaruh Jika Gerindra Gabung Pemerintah

Senin, 12 Agustus 2019 - 12:31 WIB
Pemilih Prabowo Bisa Terpengaruh Jika Gerindra Gabung Pemerintah
Pemilih Prabowo Bisa Terpengaruh Jika Gerindra Gabung Pemerintah
A A A
JAKARTA - Sinyal bergabungnya Partai Gerindra ke dalam koalisi pemerintah semakin kuat. Analis Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina Jakarta, Hendri Satrio memprediksi pemilih Gerindra memang tidak terpengaruh tetapi, tapi basis pemilih Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra bisa terpengaruh.

“Pemilih Gerindra, itu sama dengan pemilihnya PDIP. Kalau pemilih PDIP karena Megawati dan Soekarno, pemilih Gerindra karena Gerindra dan Prabowo. Jadi apapun langkah politik yang dilakukan Prabowo mereka nggak masalah akan itu. Jadi nggak akan mengurangi suara Gerindra,” kata pria yang akrab disapa Hensat itu saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Senin (12/8/2019).

Namun, kata Hensat, pilihan berani partai yang telah menjadi antitesa Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) selama 5 tahun kemarin itu akan memengaruhi basis suara Prabowo. Khususnya, jika Prabowo akan kembali maju dalam pertarungan Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

“Kalau suara Prabowo iya berpengaruh, kalau beliau maju lagi di pilpres, suaranya berpengaruh. Bisa jadi bertambah karena ada simpatisan PDIP yang suka Prabowo juga kan. Apalagi kalau mereka berkolaborasi atau berkoalisi,” kata Hensat.

Namun demikian, sambung dia, bukan berarti bahwa potensi berkurangnya pemilih Prabowo tidak ada. Karena, basis pemilih Prabowo ada PKS ada PAN. Sehingga, pemilih yang mendukung PKS dan PAN jika kedua partai tengah itu tetap di oposisi pasti tidak akan memilih Prabowo lagi.

“Tapi kalau pemilih Gerindra pasti nggak akan berkurang, ya segitu-gitu aja. Karena pemilihnya Gerindra sudah pasti pemilih Prabowo, pemilih Prabowo belum pasti Gerindra. Jadi bedain antara suara Gerindra dan suara Prabowo. Kalau suara Gerindra saya rasa nggak ada pengaruhnya, karena itu tadi apapun yang dilakukan Prabowo untuk Gerindra mereka mendukung,” tegasnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6363 seconds (0.1#10.140)