Selesai Wukuf, Jamaah Haji Didorong ke Muzdalifah Setelah Maghrib

Minggu, 11 Agustus 2019 - 00:33 WIB
Selesai Wukuf, Jamaah Haji Didorong ke Muzdalifah Setelah Maghrib
Selesai Wukuf, Jamaah Haji Didorong ke Muzdalifah Setelah Maghrib
A A A
MEKKAH - Prosesi wukuf di Arafah berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala berarti yang terjadi. Bahkan udara lebih sejuk karena hujan turun beberapa saat ketika wukuf.

Kepala Satuan Operasional (Kasatop) Armuzna, Jaetul Muchlis mengatakan, setelah selesai wukuf, jamaah haji akan didorong ke Muzdalifah menjelang malam nanti. Mereka akan menjalani rangkaian ibadah haji selanjutnya, yakni mabit (menginap) di Muzdalifah.

"Menjelang maghrib atau setelah maghrib, secara berjenjang terus akan menuju ke Muzdalifah di pos-pos mabit di maktabnya masing-masing," ujarnya di Mekkah, Sabtu (10/8/2019) sore Waktu Arab Saudi (WAS).

Pergerseran jamaah haji akan menggunakan 6 unit bus per maktab dengan memaksimalkan penumpang untuk setiap tripnya. Dengan begitu diperkirakan pendorongan jamaah haji tidak sampai pukul 01.00 WAS dini hari.

"Mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancar, sehingga pergerakan jamaah kita dari Arafah menuju Muzdalifah berjalan dengan baik," katanya.

Untuk menyambut jamaah haji, pihaknya telah memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Muzdalifah dan Mina pada pukul 16.00 WAS tadi. Satgas Muzdalifah akan menempati pos-pos mabit 1 sampai 11 di Muzdalifah dan Satgas Mina sebanyak 1.072 orang akan menempati pos stasioner yang ada di Mina hingga Jamarat, termasuk di sektor-sektor adhoc di Mina.

Setelah mabit di Muzdalifah jamaah akan mulai didorong ke Mina pada pukul 02.00 WAS dini hari nanti. "Kita berharap Muzdalifah sudah clear sebelum pagi, sudah terdorong semuanya ke Mina," katanya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2388 seconds (0.1#10.140)