alexametrics

Indonesia-Malaysia Kompak Lawan Diskriminasi Sawit Uni Eropa

loading...
Indonesia-Malaysia Kompak Lawan Diskriminasi Sawit Uni Eropa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Tun Mahathir Mohamad sepakat untuk bersatu dalam menghadapi diskriminasi produk kelapa sawit kedua negara oleh Uni Eropa. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Dalam kunjungannya ke Malaysia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membahas beberapa isu dengan Perdana Menteri (PM) Tun Mahathir Mohamad. Salah satunya adalah sepakat untuk bersatu dalam menghadapi diskriminasi produk kelapa sawit kedua negara oleh Uni Eropa.

“Kedua pemimpin memiliki komitmen yang tinggi untuk meneruskan perlawanan terhadap diskriminasi sawit,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan persnya, Jumat (9/8/2019).

Retno menjelaskan Indonesia dan Malaysia memiliki komitmen tinggi dalam isu pengolahan dan pengelolaan sawit yang berkelanjutan. Indonesia juga telah memiliki sertifikasi sawit dan data-data ilmiah yang dapat dipakai untuk perbandingan.



Sebagaimana diketahui, ASEAN dan Uni Eropa telah sepakat membentuk Working Group (WG) on Palm Oil. Indonesia menilai bahwa persamaan persepsi mengenai kerangka kerja WG tersebut penting untuk dilakukan. Tanpa persamaan persepsi dikhawatirkan WG tidak akan membuahkan hasil yang diharapkan.

“Jadi pendekatan kita adalah pendekatan yang terbuka. Mari kita bekerja sama. Tapi ya sekali lagi, kalau ajakan kerja sama itu tidak dan terus menerus kita terdiskriminasi ya pastinya Indonesia dan Malaysia tidak akan diam. Kita akan melawan,” pungkasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak