Survei Cyrus: Masyarakat Berharap Terbentuk Pemerintahan Efektif

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 16:08 WIB
Survei Cyrus: Masyarakat Berharap Terbentuk Pemerintahan Efektif
Survei Cyrus: Masyarakat Berharap Terbentuk Pemerintahan Efektif
A A A
JAKARTA - Masyarakat berharap Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu bisa menghasilkan pemerintahan yang efektif. Hal tersebut merupakan hasil survei nasional persepsi publik terhadap penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019 yang dirilis oleh Cyrus Network hari ini.

Dalam survei Cyrus Network, tercatat 90% responden menyatakan bahwa mereka menerima hasil Pileg dan Pilpres 2019 dan sekitar 93% responden menilai bahwa Pemilu 2019 berjalan aman dan tertib.

"Ini bukti bahwa di masyarakat rasa kebangsaan kita itu di atas segala-galanya. Sikap-sikap kenegarawanan pemimpin kita untuk mengutamakan kepentingan bangsa juga berperan terhadap penilaian masyarakat ini," ujar Ketua DPR Bambang Soesatyo dalam acara rilis survei Cyrus Network di Hotel Ashley, Menteng, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan bahwa penerimaan masyarakat ini menandakan kompetisi politik harusnya sudah selesai dan fokus harus dialihkan untuk memajukan bangsa dan negara. "Sekarang tinggal bagaimana mendorong pemerintahan Pak Jokowi periode kedua ini bisa lebih sukses," tutur Bambang, tokoh yang digadang-gadang akan maju sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini.

Terkait dengan upaya rekonsiliasi melalui pertemuan antara Presiden Jokowi dengan mantan lawannya Prabowo Subianto juga dinilai positif oleh publik. Sebesar 63% responden mengapresiasi pertemuan ini dan menilai pertemuan tersebut sebagai upaya rekonsiliasi, bukan hanya sekadar bagi-bagi jabatan.

"Saya sangat mengapresiasi dukungan publik terhadap proses rekonsiliasi ini. Kalau saya sekarang Ketua Umum Golkar saya tidak akan tanya berapa jatah Golkar, tapi saya akan tanya Pak Jokowi akan bawa ke mana arah bangsa ini, butuh legislasi apa, dukungan apa, Golkar akan dukung. Kita juga menyerahkan kepada presiden soal bagaimana mekanisme penentuan orang-orang yang akan dipilih untuk membantunya," kata Bamsoet.

Sementara itu, CEO Cyrus Network Hasan Nasbi Batupahat juga melihat dukungan publik ini sebagai sinyal bahwa masyarakat lelah terhadap pemecahbelahan politik yang sudah terjadi beberapa tahun terakhir. "Di sini terlihat masyarakat berharap bisa terbentuk pemerintahan yang efektif dari pemilu yang lalu," kata Hasan dalam kesempatan sama.

Dia juga menilai upaya ini perlu dilakukan dengan merangkul sebanyak mungkin energi bangsa, kekuatan-kekuatan politik, supaya bisa membangun pemerintahan yang efektif. "Pemerintahan efektif harus ada perencanaan melalui legislasi, ketika banyak yang support di Parlemen semakin bagus sebenarnya. Eksekutif yang mengeksekusi rencana juga harus bagus dan kompeten. Ketika presiden diberikan opsi banyak orang kompeten kan bagus, tapi jangan sampai presiden dibelenggu juga," jelas Hasan.

Adapun Survei Cyrus Network dilaksanakan pada 22-28 Juli 2019 dengan melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini 95% dengan margin of error sebesar ± 3%.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9064 seconds (0.1#10.140)