Ulama Sepuh Pimpin Doa dan Salat Jenazah Mbah Moen

Rabu, 07 Agustus 2019 - 00:41 WIB
Ulama Sepuh Pimpin Doa dan Salat Jenazah Mbah Moen
Ulama Sepuh Pimpin Doa dan Salat Jenazah Mbah Moen
A A A
MEKKAH - Sejumlah ulama sepuh memimpin salat jenazah dan doa untuk almarhum ulama kharismatik KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) di Wisma Daker Mekkah, Arab Saudi.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPIH) Subhan Cholid menjelaskan, pada Selasa 6 Agustus 2019 setelah dari rumah sakit, jenazah Mbah Moen dimandikan di Masjid Al Muhajirin di wilayah Musfalah. (Baca juga: Mbah Moen Dimakamkan Dekat dengan Makam Sayyidah Khadijah Al Kubro)

"Prosesi pemandian dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa 6 Agustus 2019.

Subhan menambahkan, pada saat yang sama pihaknya mempersiapkan Wisma Daker Mekah sebagai tempat persemayaman den lokasi jemaah bertakziah.

Sekitar pukul 09.00 pagi waktu Arab Saudi, jenazah Mbah Moen tiba di Wisma Daker. "Saking banyaknya jemaah yang bertakziyah dan karena ruangan terbatas, maka kami bikin salat jenazah secara bertahap," tuturnya.

Setiap kali selesai salat jenazah, siapapun imamnya langsung memimpin doa. "Di antara yang memimpin salat dan doa ada KH Anwar Mansur, KH Bunyamin Ruhiyat, KH Aufal Marom, KH Ulin Nuha Arwani Kudus. Semuanya adalah kiai sepuh yang sedang menunaikan ibadah haji," ungkapnya. (Baca juga: Habib Rizieq Takziah Sekaligus Pimpin Doa Usai Pemakaman Mbah Moen)

"Hingga pukul 10.30 tidak kurang dari 12 kali pelaksanaan salat jenazah. Selanjutnya dilaksanakan upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Dubes RI dan Menteri Agama," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan sambutan aras nama rakyat Indonesia.

Selanjutnya jenazah dibawa ke Masjiidilharam untuk disalatkan dan kemudian dimakamkan di Pemakaman Jannatul Ma'la, Mekkah.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0340 seconds (0.1#10.140)