Jelang Puncak Haji, Amirul Hajj Cek Persiapan Armuzna

Selasa, 06 Agustus 2019 - 07:25 WIB
Jelang Puncak Haji, Amirul Hajj Cek Persiapan Armuzna
Jelang Puncak Haji, Amirul Hajj Cek Persiapan Armuzna
A A A
MEKKAH - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama delegasi Amirul Hajj mengunjungi Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna), Senin (5/8/2019) sore Waktu Arab Saudi (WAS). Rombongan mengecek kesiapan sarana prasarana yang dibutuhkan jamaah haji pada puncak haji nanti.

Beberapa sarpras yang menjadi fokus pengecekan adalah tenda di Arafah dan Mina. Tenda ini akan ditempati jamaah haji saat wukuf dan mabit. Amirul Hajj dan delegasi memastikan tenda-tenda jamaah yang tersebar di 73 maktab telah dipasangi stiker yang berisi informasi nomor tenda, kloter embakasi, dan kapasitas tenda.

"Semua tenda-tenda di Arafah dan Mina harus memiliki nomor-nomor. Itu semua diperlukan agar ada kepastian bagi jamaah selama berada di Arafah dan Mina," ujar Lukman Hakim di sela kunjungan.

Penomoran tenda ini adalah inovasi baru penyelenggaraan haji tahun ini. Selama ini, kata Amirul Hajj, terjadi selisih paham antarsesama jamaah lantaran tidak identitas yang jelas pada tenda. Jamaah saling mengklaim bahwa tenda itu adalah milik kloternya.

"Dengan adanya identitas masing-masing tenda, setiap jamaah memahami dan mengetahui di mana tenda tempat dia berdiam, baik selama di Arafah dan di Mina," katanya.

Selain nomor tenda, Amirul Hajj dan delegasi juga melihat pemasangan AC di tenda-tenda jamaah. Keberadaan penyejuk ruangan ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamaan jamaah saat melaksanakan rukun haji.

"Hanya memang tadi saya tekankan perlu ada pengaturan suhu temperatur dari AC itu. Karena boleh jadi menjelang siang, kita memerlukan suhu yang lebih dingin. Lalu temperatur AC harus disesuaikan lagi ketika malam hari agar jamaah tidak terlalu dingin," tukasnya.

Khusus untuk Mina, Amirul Hajj menyoroti keberadaan toilet bagi jamaah yang sangat terbatas. Pihaknya meminta agar jamaah haji Indonesia mendapatkan tambahan toilet.

"Kita bersyukur tadi Muassasah sudah membantu menambah di setiap Maktab ada 8 urinoir. Meskipun hanya diperuntukkan bagi laki-laki tapi setidaknya itu bisa ikut membantu mengurangi antrean," katanya. Selain itu, Amirul Hajj juga berharap bisa menambah toilet mobile di luar-luar tenda.

Menurut Amirul Hajj, dari hasil pemantauanya, persiapan puncak haji berjalan sesuai harapan. Dia berharap semua berjalan normal sehingga tingkat kenyamanan jamaah bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4754 seconds (0.1#10.140)