alexametrics

Laporan Langsung SINDOnews dari Mekkah

Penutupan, Lima Kloter Terakhir Jamaah Haji Indonesia Tiba Hari Ini

loading...
Penutupan, Lima Kloter Terakhir Jamaah Haji Indonesia Tiba Hari Ini
Petugas menyambut jamaah haji dari Embarkasi Medan (MES) saat tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Senin (5/8/2019) sore WAS. FOTO/MCH/DARMAWAN
A+ A-
JEDDAH - Lima kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia dijadwalkan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Selasa (6/8/2019) hari ini. Mereka menjadi jamaah terakhir yang masuk ke Arab Saudi sebelum puncak haji pada 9-14 Agustus mendatang.

Kepala Seksi (Kasie) Kedatangan dan Keberangkatan Daerah Kerja (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi mengatakan, jamaah haji terakhir yang masuk ke Arab Saudi berasal dari Kloter 95, 96, 97 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) serta kloter 84 dan 85 Embarkasi Surabaya (SUB). Mereka berjumlah total sebanyak 1.925 orang.

"Kloter paling terakhir adalah SUB 85, akan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada 6 Agustus 2019 pukul 07.45 Waktu Arab Saudi (WAS)," katanya kepada tim Media Center Haji (MCH) di Jeddah, Senin (5/8/2019).



Menurut Cecep, hingga Senin (5/8/2019) malam, sejumlah embarkasi telah selesai memberangkatkan jamaah haji dari Tanah Air. Masing-masing Embarkasi Banjarmasin (BDJ), Embarkasi Batam (BTH), Embarkasi Aceh (BTJ), Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Embarkasi Lombok (LOP), Embarkasi Padang (PDG), dan Embarkasi Palembang (PLM).

"Total jamaah haji reguler yang telah sampai di Arab Saudi sebanyak 210.698 orang," ungkapnya.

Jamaah haji Indonesia terdiri dari reguler dan khusus. Dari kuota 231.000 yang diberikan Pemerintah Arab Saudi, sebanyak 214.000 adalah jamaah haji reguler. Sisanya sebanyak 17.000 merupakan jamaah haji khusus. Merujuk data ini berarti, hingga kemarin siang masih ada sebanyak 3.302 jamaah haji belum tiba di Arab Saudi.

Kepala Daker Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat mengatakan, petugas akan stanby di Bandara King Abdul Aziz Jeddah hingga jamaah haji terakhir tiba. Petugas bandara baru akan bergerak ke Mekkah pada 6 Agustus mendatang setelah seluruh jamaah haji Indonesia tiba di Arab Saudi.

"Kita tunggu sampai seluruh jamaah haji sampai di sini, baru kemudian bergerak ke Mekkah. Insya Allah petugas sudah siap menyambut puncak haji nanti," pungkasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak