alexametrics

IPB Integrasikan Masa Pengenalan Kampus dengan Bela Negara

loading...
IPB Integrasikan Masa Pengenalan Kampus dengan Bela Negara
Anggota TNI memberikan materi bela negara kepada mahasiswa baru dalam kegiatan pengenalan kampus IPB, Bogor. Foto/Haryudi
A+ A-
BOGOR - IPB untuk pertama kalinya menggelar kegiatan masa pengenalan kampus mahasiswa baru (MPKMB) dengan mengintegrasikan kurikulum bela negara.

Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kecintaan para mahasiswa baru terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terkait wawasan kebangsaan dan nasionalisme.

Rektor IPB, Arif Satria mengatakan rangkaian kegiatan pengenalan kampus ini diharapkan dapat memberikan bekal informasi seputar dunia kampus, wawasan kebangsaan, cinta Tanah Air, bela negara, penghargaan terhadap budaya dan keragaman.



"Sehingga mahasiswa IPB ke depan akan memberikan beragam kontribusi positif, tidak saja bagi kampusnya, melainkan juga bagi masyarakat dan bangsanya," katanya, kemarin.

Masa pengenalan kampus merupakan suatu sarana untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru. Melalui masa pengenalan ini mahasiswa diberikan informasi dan gambaran mengenai kampusnya.

"Di IPB masa pengenalan kampus ini biasa dikenal dengan MPKMB. Untuk tahun ini, kegiatan MPKMB yang diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 56 akan berlangsung pada 3-9 Agustus," jelasnya.

Memang ada yang beda dengan MPKMB sebelumnya, dimana para mahasiswa baru ini wajib ditanamkan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

"Kegiatan bela negara ini dikemas dalam kegiatan outbound dan permainan-permainan lapangan yang menarik. Selain itu, mahasiswa baru juga dilatih aspek kedisiplinan dan kesamaptaan. Untuk instrukturnya selain melibatkan para dosen IPB yang telah mendapatkan pelatihan dari Kementerian Pertahanan juga didatangkan dari Pusat Pendidikan Zeni Kodiklatad
TNI," ujarnya.

Serangkaian kegiatan mengesankan lainnya yang akan mereka ikuti, mulai dari materi Cinta IPB dan Pertanian oleh Rektor, Cinta Daerah oleh Wali Kota Bogor, Be Technosociopreneur 4.0 oleh Ahmad Zaky (CEO Bukalapak), M. Nadjikh (CEO KML) dan Tri Mumpuni (sociopreneur).

One Man Show oleh Gubernur DKI Jakarta, Talkshow Panglima TNI dan Talkshow Polri oleh Kapolda Metro Jaya. Monolog Sejarah Perkembangan Pergerakan Mahasiswa oleh Andiko Pradana, Talkshow Alumni Fakultas masing-masing,ragam penampilan seni dan budaya seperti perkusi, teater kolosal.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak