Sikapi Situasi Keamanan, Jokowi Tutup Sementara KBRI Yaman

Kamis, 25 Juli 2019 - 14:07 WIB
Sikapi Situasi Keamanan, Jokowi Tutup Sementara KBRI Yaman
Sikapi Situasi Keamanan, Jokowi Tutup Sementara KBRI Yaman
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia menutup sementara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Sana'a, Republik Yaman. Kebijakan itu mempertimbangkan konfik berkepanjangan yang terjadi di negara tersebut.

Atas pertimbangan itu, pada 17 Juli 2019 Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penutupan Sementara Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sana’a.

“Menutup sementara dan menghentikan kegiatan operasional Kedutaan Besar Republik Indonesia di Sana’a, Republik Yaman,” bunyi diktum kesatu Keppres tersebut, seperti dikutip dari setkab.go.id, Kamis (25/7/2019).

Setelah penutupan tersebut, tugas dan fungsi KBRI di Sana’a, Republik Yaman dilaksanakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesiadi Muscat, Kesultanan Oman.

Keppres tersebut juga menyebutkan alokasi anggaran untuk KBRI Sana'a dihentikan sementara. Personel di kedutaan tersebut dipindahkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Muscat, Kesultanan Oman.

Keppres ini menyebutkan, pembukaan kembali KBRI di Sana’a, Yaman dapat dilakukan jika situasi dan kondisi setempat sudah kondusif.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada 1 Januari 2019,” bunyi diktum Keenam Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2019 itu.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7648 seconds (0.1#10.140)