alexametrics

Jokowi Minta Tiru Jepang Edukasi Masyarakat Soal Kebencanaan

loading...
Jokowi Minta Tiru Jepang Edukasi Masyarakat Soal Kebencanaan
Presiden Jokowi meminta BNPB dan BMKG untuk mengintensifkan edukasi masyarakat mengenai kebencanaan. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Presiden Jokowi menyatakan, edukasi soal kebencanaan harus terus diintensifkan kepada masyarakat. Negara Jepang bisa menjadi contoh bagaimana masyarakat diedukasi dan siap siaga jika terjadi bencana.

“Kita harus secara besar-besaran memberikan edukasi kepada masyrakat. Bahwa daerah kita memang rawan bencana. Harus intensif. Baik itu kepada anak-anak kita di SD, SMP, SMA, di perguruan tinggi. Sampaikan juga apa adanya,” kata Jokowi saat membuka rapat koordinasi nasional Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Istana, Selasa, (23/7/2019).

Dia mengatakan dengan adanya edukasi itu akan membuat masyarakat terbiasa dalam menghadapi potensi bencana yang terjadi. Hal ini sebagaimana yang ada di Jepang.



“Seperti di Jepang yang kita lihat kalau ada gempa dan sirine tidak bunyi ya tenang-tenang saja. Makan minum tetap makan minum. Tapi begitu sirine bunyi, larinya kemana, arahnya kemana, sudah jelas semuanya. Jalur evaluasinya jelas semua. Ini yang yang harus dikerjakan BNPB dan BMKG,” ungkapnya.

Pemeirntah pusat dan daerah pun juga harus siap melakukan antisipasi terhadap potensi bencana. “Sehingga setiap kejadian atau akan ada sebuah potensi kejadian, antisipasinya jelas. Step-step tindakannya juga jelas. Bukan bingung setelah ada kejadian. Manajemen seperti itu harus kita biasakan ada, baik di pusat, daerah, maupun di lembaga-lembaga yang kita miliki,” katanya.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak