alexametrics

MK Ingatkan Saksi Berikan Keterangan Sesuai dengan Bunyi Sumpah

loading...
MK Ingatkan Saksi Berikan Keterangan Sesuai dengan Bunyi Sumpah
Juru Bicara Hakim MK, I Dewa Gede Palguna mengingatkan pihak saksi dari Pemohon, Termohon dan Terkait dapat menerangkan secara detail dan jujur saat persidangan lanjutan dengan pemeriksaan saksi dan ahli. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) mengingatkan pihak saksi dari Pemohon, Termohon dan Terkait dapat menerangkan secara detail dan jujur saat persidangan lanjutan dengan pemeriksaan saksi dan ahli. MK juga meminta saksi dari semua pihak agar tidak sembarang dalam memberi keterangan karena akan disumpah di awal.

"Harapan saya seperti bunyi sumpahnya, terangkan lah apa yang dilihat, apa yang didengar, apa yang dialami sendiri, jangan yang terangkan konon kabarnya, yang konon kabarnya tidak memiliki nilai pembuktian Mahkamah," ujar Juru Bicara Hakim MK, I Dewa Gede Palguna di Gedung MK, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Palguna pun menerangkan jika nantinya saksi tetap memberikan keterangan yang tidak sesuai dengan konteks dalam persidangan, hal itu bakal berpengaruh ada putusan hasil sidang nantinya.



"Karena itu disebut testimonium de auditu, kesaksian yang dengar-dengar. Itu tidak dipertimbangkan oleh Mahkamah," jelasnya.

Sebelumnya, MK telah memutuskan sebanyak 58 perkara tidak ditindaklanjuti dan 122 dilanjutkan dari permohonan PHPU Pileg 2019. Usai memutuskan perkara itu, diagendakan MK bakal menggelar persidangan lanjutan persidangan pemeriksaan saksi dan ahli.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak