Demokrat Tak Setuju dengan Syarat Rekonsiliasi Amien Rais

Senin, 22 Juli 2019 - 15:53 WIB
Demokrat Tak Setuju dengan Syarat Rekonsiliasi Amien Rais
Demokrat Tak Setuju dengan Syarat Rekonsiliasi Amien Rais
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat tidak sepakat dengan syarat rekonsiliasi antara Kubu Prabowo Subianto dengan Kubu Joko Widodo (Jokowi) dari Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. Sebab, rekonsoliasi dianggap bukan berarti bagi-bagi kursi menteri.

"Saya pikir, rekonsiliasi bukan, kan bukan hanya bagi-bagi kekuasaan," ujar Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Syarief Hasan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Kemudian, kata dia, Partai Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi dalam menyusun kabinet lima tahun ke depan. Sebab, Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif.

"Kita tunggu saja, siapa yang diajak siapa yang dipercaya, siapa yang diinginkan ya kita tunggu," jelas Anggota Komisi I DPR RI ini.

Syarief pun mengatakan bahwa Partai Demokrat tidak transaksional. "Sepenuhnya kita dukung hak prerogratif presiden," ucap mantan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Sekadar diketahui sebelumnya, Amien Rais mengungkapkan dua syarat rekonsoliasi Kubu Jokowi dengan Prabowo, yakni ide-ide kubu Prabowo-Sandi diterima dan dengan pembagian 45:55 kursi menteri. Jika tidak, Amien menilai pihaknya memilih menjadi oposisi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8056 seconds (0.1#10.140)