Jamaah Haji Gelombang Kedua Mulai Tiba di Jeddah

Sabtu, 20 Juli 2019 - 12:39 WIB
Jamaah Haji Gelombang Kedua Mulai Tiba di Jeddah
Jamaah Haji Gelombang Kedua Mulai Tiba di Jeddah
A A A
JEDDAH - Jamaah haji kelompok terbang (kloter) 18 Embarkasi Ujung Pandang (UPG) menjadi yang pertama mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah untuk fase pemberangkatan gelombang kedua. Mereka tiba dengan selamat, Sabtu (20/7/2019) sekitar pukul 03.12 Waktu Arab Saudi (WAS).

Rombongan jamaah haji yang berjumlah 455 orang tersebut disambut oleh Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Dicky Yunus dan sejumlah pejabat lain. Antara lain Konjen RI Jeddah Hery Saripuddin, Konsul Haji dan Umrah KJRI Jeddah Endang Jumali.

Jamaah haji yang tiba di Bandara Jeddah telah mengenakan kain ihram. Mereka juga telah berniat ihram saat melintas di atas wilayah Ya Lam Lam. Turun pesawat jamaah langsung menuju paviliun sebentar untuk kemudian diberangkatkan ke Mekkah dengan bus.

Dalam sambutannya, Dicky Yunus menyampaikan selamat datang kepada para jamaah telah tiba di Arab Saudi. Selamat juga diberikan kepada jamaah haji yang mendapatkan kesempatan melaksanakan ibadah haji. "Selamat kepada bapak ibu mendapatkan kesempatan menunaikan rukun Islam ke-5. Ini patut disyukuri karena tidak semua mendapat kesempatan ibadah haji," kata Dicky.

Wakil Dubes berpesan kepada jamaah haji untuk menjaga kondisi fisik karena masih ada 39 hari lagi di Tanah Suci. Cuaca di Arab Saudi berbeda dengan Tanah Air. Suhu di sini cukup panas. "Jangan lupa untuk minum dan makan sesuai yang dijadwalkan, sehingga saat wukuf dalam keadaan sehat dan semua rukun haji terlampaui," katanya.

Selanjutnya jamaah juga harus menjaga hati. Saat puncak haji akan terdapat jutaan orang melakukan ritual yang sama. Jika terjadi senggolan atau terinjak direlakan saja agar menjadi penambah kemabruran hajinya.

Yang ketiga menjaga nilai-nilai persatuan. Sejak dulu jamaah Indonesia dikenal tertib, teratur, damai, dan gotong royong. Tularkan kepada jamaah lainnya. "Utamakan ibadah wajib. Sebab wukuf masih ada beberapa hari ke depan. Semoga menjadi haji mabrur," ucapnya.
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6977 seconds (0.1#10.140)