alexametrics

KPK Diharapkan Bisa Lakukan Pencegahan Korupsi

loading...
KPK Diharapkan Bisa Lakukan Pencegahan Korupsi
Salah satu peserta tes kompetensi calon pimpinan KPK Irjen Firli mengaku telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengikuti seleksi capim KPK ini. Foto/SINDOphoto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Salah satu peserta tes kompetensi calon pimpinan (capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Firli mengaku telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengikuti seleksi capim KPK ini.

Dirinya pun menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan terkait hasil tes tersebut. "Ya apa yang ada di soal dijawab semua, semuanya sudah kita kerjakan," ujar Irjen Firli usai tes kompetensi di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemensetneg, Jakarta Selatan, kemarin.

"Kita selaku manusia hanya berupaya, selebihnya Tuhan yang menentukan. Diproses pimpinan KPK, kita tidak tahu siapa yang terpilih, kita hanya berupaya saja," sambungnya.



Firli yang sempat menjabat Deputi Penindakan KPK ini, mengakui kesulitan dengan soal-soal yang diujikan. Selain itu, untuk uji makalah, kata Firli, dirinya membuat makalah dengan tema bagaimana KPK menghadapi tantangan.

"Tentu bagaimana KPK menghadapi tantangan karena KPK adalah harapan seluruh rakyat Indonesia dan bisa melakukan pencegahan dan pemberantasan terhadap korupsi dan tentu melakukan kegiatan mulai dari koordinasi, supervisi, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, pencegahan termasuk monitoring dan peran masyarakat yang ditunggu KPK," jelasnya.

Irjen Firli yang sekarang menjabat Kapolda Sumatera Selatan sempat mengungkap alasannya mendaftar sebagai capim KPK. Menurutnya, hal itu sebuah kehormatan dan kewajiban untuk bertugas demi negara.

"Saya sebagai WNI memiliki kewajiban kapanpun di manapun bertugas apabila warga membutuhkan saya, saya siap," tegasnya.
(maf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak