alexametrics

Trimedya Ingin Tes Capim KPK Dilakukan DPR Periode 2014-2019

loading...
Trimedya Ingin Tes Capim KPK Dilakukan DPR Periode 2014-2019
Anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan mengaku lebih setuju jika DPR periode sekarang atau 2014-2019 yang melakukan Fit and Proper Test serta memilih pimpinan KPK Jilid V. Foto/SINDOnews.
A+ A-
JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Trimedya Panjaitan mengaku lebih setuju jika DPR periode sekarang atau 2014-2019 yang melakukan Fit and Proper Test serta memilih pimpinan KPK Jilid V.

“Kalau seandainya pansel mengizinkan, saya lebih setuju periode yang sekarang," ujar Trimedya dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertajuk Mencari Pemberantas Korupsi yang Mumpuni di Pressroom, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Karena, DPR periode sekarang yang mengawal KPK. “Kita tahu seperti apa KPK hari ini dan kemudian seperti apa pimpinan KPK yang dibutuhkan oleh institusinya sendiri,” katanya.



Politikus PDIP ini mengharapkan lima pimpinan KPK terbaik yang terpilih nanti akan dikenang sebagai buah kerja anggota DPR 2014-2019 untuk rakyat. “Jadi ini sebuah kado dari anggota DPR anggota Komisi III 2014-2019, selain misalnya kami bisa berikan kado RUU KUHP yang bisa kami selesaikan dalam masa ini dan Ibu Yenti juga sebagai salah satu ahli yang yang selalu memberikan pendapat kepada Komisi III,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia seleksi (Pansel) Yenti Garnasih mengakui pihaknya bakal menyerahkan 10 nama calon pimpinan (capim) hasil seleksi ke Presiden Jokowi pada 2 September mendatang atau masih dalam masa DPR periode 2014-2019. Sehingga, anggota DPR sekarang masih memungkinkan untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta pemilihan pimpinan lembaga tersebut.

Namun, Yenti Garnasih mengatakan, pihaknya tidak berkompenten untuk memutuskan apakah uji kelayakan dan kepatutan capim KPK dilakukan oleh DPR periode sekarang atau yang akan datang. “Kita inikan kepanjangan tangan Presiden. Jadi kita tak akan mengatakan mau (DPR) yang sekarang, mau (DPR) yang nanti. Tetapi kita menyiapkan. Kalau Presiden mau sekarang, kita sudah bisa. Kalau mau nanti terserah,” kata Yenti.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak