alexametrics

Penghargaan Benny Wenda Tak Berpengaruh Terhadap Kedaulatan Indonesia

loading...
Penghargaan Benny Wenda Tak Berpengaruh Terhadap Kedaulatan Indonesia
Separatis Papua Merdeka mengibarkan bendera bintang kejora. Foto/SINDOnews.
A+ A-
JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini menegaskan, Papua dan Papua Barat telah final menjadi bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, penghargaan yang diberikan oleh Dewan Kota Oxford, Inggris kepada Papua Merdeka Benny Wenda tidak berpengaruh terhadap kedaulatan NKRI.

"Papua dan Papua Barat telah menjadi bagian NKRI. Hal itu telah mendapatkan pengakuan dan penghormatan internasional atau negara-negara dunia termasuk dari Pemerintah Inggris," kata Jazuli, Rabu (17/7/2019).

Menurut dia, secara resmi Pemerintah Inggris mendukung dan menghormati kedaulatan wilayah Indonesia termasuk Papua dan Papua Barat di dalamnya. Hal itu, lanjut dia, secara resmi disampaikan Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris merespons pemberian penghargaan tersebut.



"Pun, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dalam beberapa kesempatan juga menyampaikan dukungan penuh atas kedaulatan Indonesia," kata Jazuli.

Dia berpendapat, Benny Wenda saat ini sudah menjadi warga negara Inggris dan tinggal di Kota Oxford. Sehingga, penghargaan itu dianggap biasa saja diberikan oleh Dewan Kota Oxford kepada warga negaranya sendiri dengan pertimbangan subjektif mereka. Tapi sama sekali tidak merepresentasikan sikap Pemerintah Inggris terhadap kedaulatan wilayah Indonesia dengan Papua/Papua Barat di dalamnya. "Jadi tidak perlu dibesar-besarkan," kata Jazuli.

Legislator asal daerah pemilihan Banten ini mengatakan pemerintah saat ini sedang fokus dan terus berupaya membangun dan menyejahterakan rakyat Papua dan Papua Barat.

"Komitmen pemerintah dan DPR semakin kuat bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan rakyat Papua dan Papua Barat. Itu saja fokus kita. Adapun pihak-pihak yang mengampanyekan kemerdekaan Papua itu hanya segelintir orang saja," kata Jazuli.

Kendati demikian, Jazuli meminta pemerintah harus terus meningkatkan peran diplomasinya terhadap masalah Papua ini. Dia menambahkan, jangan sampai ada negara lain yang intervensi masalah kedaulatan Indonesia.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak