alexametrics

Penjelasan PN Jaksel Soal Gugatan 14 Caleg Gerindra

loading...
Penjelasan PN Jaksel Soal Gugatan 14 Caleg Gerindra
Belasan caleg menggugat Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra ke PN Jakarta Selatan. Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Sebanyak 14 calon legislatif (caleg) dari Partai Gerindra mengajukan sengketa perdata terhadap pimpinan partainya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Gugatan tersebut teregister dengan Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL.

Kepala Humas PN Jaksel Achmad Guntur mengatakan mereka mengajukan gugatan agar ditetapkan sebagai anggota legislatif Partai Gerindra. Pihak tergugat, yakni Dewan Pembina Partai Gerindra dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra.

"(Gugatan terkait-red) sengketa partai politik," kata Achmad kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).



Bahwa inti gugatan adalah pelanggaran hak para penggugat selaku anggota. Bahkan kader Partai Gerindra, yaitu hak untuk menentukan kebijakan serta hak untuk dipilih. Mereka menggugat karena para tergugat tidak menetapkan penggugat sebagai anggota legislatif. (Baca juga: Belasan Caleg Gugat Gerindra, Ada Mulan Jameela dan Keponakan Prabowo)

PN Jaksel telah menyelenggarakan sidang pertama untuk gugatan tersebut pada 10 Juli 2019. Sidang berikutnya dijadwalkan pada Rabu (17/7/2019) hari ini dengan agenda pembacaan replik.

Perlu diketahui, Politikus Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, langsung menarik diri dari daftar penggugat ketika permohonan diajukan ke pengadilan. Seba dirinya tidak pernah menyetujui pengajuan sengketa perdata terhadap partainya sendiri ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sarah menegaskan, permohonan sengketa Pileg yang ia ajukan hanyalah yang ia daftarkan di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, dirinya baru mengetahui bahwa namanya masuk ke daftar penggugat di PN Jakarta Selatan setelah ramai diberitakan media massa.

"Saya tidak pernah menyetujui pengajuan gugatan pada PN. Maka gugatan ini telah ditarik sejak tanggal 15 Juli. Untuk apa saya ajukan gugatan ke partai sendiri?" ujar Saraswati kepada wartawan Selasa (16/7/2019).
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak