alexametrics

PPP Nilai Keinginan Amien Rais Bukti Demokrasi Sehat

loading...
PPP Nilai Keinginan Amien Rais Bukti Demokrasi Sehat
Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menilai demokrasi bodong tanpa oposisi disambut positif oleh Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang menilai demokrasi bodong tanpa oposisi disambut positif oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengakui oposisi diperlukan.

"Iya, memang harus seperti itu, itu lah cerminan bahwa demokrasi kita sehat," ujar Arsul Sani di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dia mengatakan, setiap kontestasi politik harus ada akhirnya. "Jadi memang yang disampaikan Pak Amien itu memang sudah seharusnya seperti itu, itu menandakan bahwa demokrasi kita itu berjalan dengan baik," jelas Anggota komisi III DPR RI ini.



Arsul justru menilai demokrasi tidak berjalan baik jika elite PAN tidak sejalan dengan keinginan Amien Rais. Dia pun memberikan contoh, di beberapa negara maju, calon presiden yang kalah selalu menyampaikan pidato pengakuan kekalahan.

"Jadi, menurut saya memang harus seperti itu, yang di luar pemerintahan tetap punya tugas mengkritisi, tapi juga jangan dimaknai bahwa kalau kemudian keras menjadi soft itu tanda-tanda mau masuk dalam pemerintahan, jangan gitu juga lah," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan sebelumnya, Amien Rais menginginkan PAN tetap menjadi oposisi. Amien pun tidak mempersoalkan rekonsiliasi antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan rivalnya, Prabowo Subianto.

Bahkan, mantan Ketua MPR RI itu akan mendukung rekonsiliasi itu. Asalkan, rekonsiliasi itu tidak diwujudkan dalam bentuk bagi-bagi kursi menteri.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak