Jamaah Haji Diminta Sering Minum, Jangan Takut ke Toilet

Selasa, 16 Juli 2019 - 03:44 WIB
Jamaah Haji Diminta Sering Minum, Jangan Takut ke Toilet
Jamaah Haji Diminta Sering Minum, Jangan Takut ke Toilet
A A A
MADINAH - Jamaah haji Indonesia kembali diingatkan agar sering minum air selama di Arab Saudi. Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan metabolisme di dalam tubuh sehingga memicu munculnya penyakit.

Gerakan Minum Bersama kembali dicanangkan dalam pemberangkatan jamaah haji dari Madinah ke Mekkah, Senin (15/7/2019). Gerakan ini mengingatkan jamaah haji untuk selalu terjaga jamaah haji selalu menjaga asupan cairan agar tubuh tetap sehat sehingga ibadah haji lancar.

"Saya meminta bapak dan ibu sering minum air. Sebab air yang berkurang akan menyebabkan gangguan metabolik, keseimbangan karena asupan mineral kurang sehingga seluruh penyakit muncul," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Eka Jusuf Singka saat melepas keberangkatan 409 jamaah haji kloter 1 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS 1) di Hotel Faeyrouz Al Khoir, Madinah, Senin (15/7/2019).

Turut mendampingi pelepasan jamaah, Kepala Sektor 2 Rusdi Umar dan Kepala Bidang Pembinaan Petugas Panitia Penyelenggara Haji Indonesia (PPHI) Mahmudi Affan Rangkuti.

Dalam pelepasan tersebut, juga kembali dicanangkan Gerakan Minum Air Bersama yang dimulai dengan pemberian botol air kepada dua orang jamaah di dalam hotel. Gerakan ini akan lebih dimaksimalkan pada musim haji 2019.

Menurut Eka, kesadaran jamaah haji dalam melindungi diri semakin baik. Mereka terlihat telah memakai payung, kacamata, dan masker.

Namun, dari hasil pemantauan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, penyebab jamaah sakit rata-rata didominasi karena dehidrasi. Karena itu, Eka berharap jamaah haji JKS 1 menjadi duta Gerakan Minum Air Bersama.

"Sebagai duta saya harap bapak ibu menyampaikan kepada kawan-kawannya untuk minum air," katanya.

Minum air bersama, kata Eka, diharapkan bisa menjadi budaya jamaah haji Indonesia. Apalagi cuaca saat ini sangat panas, suhu mencapai 45 derajat Celcius. Sehingga harus banyak minum air.

"Jangan takut ke toilet. Lebih baik mencegah dari pada mengobati," kata Eka.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3907 seconds (0.1#10.140)