alexametrics

FPI Ungkap Ada Pihak yang Menghalangi Habib Rizieq untuk Pulang

loading...
FPI Ungkap Ada Pihak yang Menghalangi Habib Rizieq untuk Pulang
Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman mengungkap ada pihak yang menghalangi Habib Rizieq untuk pulang ke Tanah Air.Foto/SINDOnews.
A+ A-
JAKARTA - Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman mengungkap ada pihak di Indonesia yang berusaha menghalangi Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab untuk pulang ke Tanah Air. Namun, dia tak ingin menyebut secara rinci siapa oknum yang melakukan hal tersebut.

"Saya mau tegaskan sekali lagi bahwa Habib Rizieq bukan tidak mau pulang, tetapi tidak bisa karena terhalang berupa pencegahan keluar dari luar wilayah Saudi atas permintaan dari pihak kita di sini (Indonesia)," ujar Munarman di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019).

Munarman mengungkapkan, Pemerintah Arab Saudi memegang bukti yang menunjukkan kalau Habib Rizieq tak bisa pulang ke Indonesia. Hal itu untuk meyakinkan kepada seluruh pihak terkait kabar Habib Rizieq.



"Saya berkali-kali ke sana, saya diperlihatkan dokumen dan diceritakan oleh Habib Rizieq pada saat interview dan wawancara dengan pihak otoritas Saudi bahwa clear enggak bisa dibohongi, permintaan supaya Habib Rizieq tidak keluar, ada di sini, jelas ketika dalam wawancara," ungkapnya.

Diketahui sebelumnya, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Sompie, mengatakan negara tidak pernah menghalangi Habib Rizieq untuk pulang ke Indonesia. “Dia saja yang tidak mau mau pulang. Negara tidak menghalangi dia untuk pulang, tidak ada penangkalan, menangkal warga negara sendiri untuk pulang itu tidak ada,” ujar Ronny di Bekasi, Rabu, 15 Juli 2019.

Ronny mengatakan, dalam rangka proses hukum aturan mencegah warga negara sendiri untuk keluar dari Indonesia itu ada. Tapi, dalam UU No 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan, tidak ada peraturan untuk menolak warga negara Indonesia (WNI) kembali ke Tanah Air. “Imigrasi hanya membantu, kecuali memang ada pelanggaran keimigrasian misalnya paspor yang bersangkutan habis masa berlakunya,” tuturnya.
(sco)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak