Terlalu Banyak, Ratusan Bungkus Obat Kuat Jamaah Haji Disita

Jum'at, 12 Juli 2019 - 15:27 WIB
Terlalu Banyak, Ratusan Bungkus Obat Kuat Jamaah Haji Disita
Terlalu Banyak, Ratusan Bungkus Obat Kuat Jamaah Haji Disita
A A A
MADINAH - Sejumlah barang bawaan jamaah haji Indonesia disita petugas Bea dan Cukai Bandara Prince Mohammaed Bin Abdulaziz Madinah. Selain rokok, ada pula jamu kuat pria, jamu rapet wangi wanita dalam jumlah yang banyak.

"Kalau bawa dua atau tiga strip jumlahnya tidak masalah tapi kalau kemudian lebih dari 50 itu kan jadi pertanyaan. Ini jamaah mau ibadah atau mau jualan," kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah, Akhmad Jauhari, Jumat (12/7/2019).

Menurut Jauhari, barang-barang ini dibawa jamaah haji dari Kelompok Terbang (Kloter) Embarkasi Surabaya 12. Rinciannya antara lain jamu Rapet Wangi enam dus, Super Tetra 20 saset, Hemaviton 129 saset, jamu vitalitas pria merek King Cobra 633 bungkus, Extra Joss dan jamu kapsul.

Sebenarnya, kata Jauhari, barang-barang itu bukan hal terlarang dan boleh masuk ke Arab Saudi. Namun petugas Bea dan Cukai Bandara Prince Mohammed Bin Abdulaziz curiga karena jumlahnya bisa terlalu banyak. Setelah disita, barang ini lalu diserahkan ke Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Kita selalu mengingatkan kepada kloter terkait dengan barang bawaan. Ada barang-barang yang memang betul-betul tidak boleh masuk sama sekali, seperti barang atau obat-obatan yang tidak jelas komposisinya. Biasanya kan obat-obat tradisional yang kemasannya juga tidak permanen karena rentan menimbulkan permasalahan," kata Jauhari.

Jauhari menegaskan bahwa barang-barang itu akan dikembalikan kepada pemiliknya dengan melihat kebutuhan jemaah sebagai pemilik. "Jamaah itu sendiri dalam arti untuk menjaga kebugaran atau menjaga kondisi fisik, ya kita serahkan, tapi kalau kemudian ada indikasi lain ya terpaksa kita amankan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5015 seconds (0.1#10.140)