DPR Dukung Kemendikbud Ubah Strategi Pendidikan Pancasila

Kamis, 11 Juli 2019 - 13:50 WIB
DPR Dukung Kemendikbud Ubah Strategi Pendidikan Pancasila
DPR Dukung Kemendikbud Ubah Strategi Pendidikan Pancasila
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang akan menerapkan pendidikan Pancasila berbasis contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya, pola tersebut dianggap bisa membuat anak didik lebih mudah memahami dan menyerap nilai-nilai Pancasila.

“Saya mendukung rencana Kemendikbud tersebut dan diharapkan dapat segera diterapkan di seluruh sekolah, mulai dari PAUD hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” kata Bambang dalam siaran pers yang diterima SINDOnews di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Untuk menunjang strategi itu, Bambang meminta Kemendikbud bersama Dinas Pendidikan (Disdik) untuk memberikan pelatihan kepada guru terkait strategi pengajaran pendidikan Pancasila yang ada di dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini dimaksudkan agar setiap guru dapat membangun watak, sikap dan perilaku anak didiknya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” ucap pria yang biasa disapa Bamsoet ini. (Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Program Penanaman Nilai Pancasila )

Kemudian, sambung politikus Partai Golkat itu, Kemendikbud melalui Disdik juga perlu meminta kepada guru agar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang tidak hanya dalam mata pelajaran, tetapi juga ikut serta mencontohkan nilai-nilai dari Pancasila tersebut di kehidupan sehari-hari, terutama di lingkungan sekolah guna membentuk sikap dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak didik.

“Serta mendorong Kemendikbud mengimbau kepada sekolah agar dapat menerapkan sistem reward and punishment dalam penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan sekolah, sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru maupun anak didik dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bamsoet.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3483 seconds (0.1#10.140)