Polri Siap Tindak Lanjuti Lima Instruksi Presiden Jokowi

Rabu, 10 Juli 2019 - 13:49 WIB
Polri Siap Tindak Lanjuti Lima Instruksi Presiden Jokowi
Polri Siap Tindak Lanjuti Lima Instruksi Presiden Jokowi
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menegaskan siap menjalankan lima instruksi Presiden Joko Widodo yang disampaikan saat Perayaan Hari Bhayangkara ke-73.

Tito mengakui Polri siap menjalani intruksi tersebut dengan mempedomani pelaksanaan tugas.

Dia menuturkan, pertama, Polri akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.

"Kedua, mengedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial di masyarakat," tutur Tito dalam sambutannya di Silang Monas, Jakarta, Rabu (10/7/2019). (Baca juga: Ingatkan Tantangan Masa Mendatang, Jokowi Instruksikan Lima Hal ke Polri )

Ketiga, lanjut Tito, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Adapun keeempat, Tito berjanji meningkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan.

"(Kelima-red) memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri," tuturnya.
Sebelumnya saat memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-73, Presiden Jokowi menegaskan terorisme dan radikalisme masih berpotensi menjadi tantangan yang serius. Perkembangan teknologi informasi juga mendukung kejahatan di ruang-ruang siber. Penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian menjadi ancaman untuk kerukunan, ancaman bagi persatuan, ancaman bagi kesatuan bangsa.

Dia mengatakan Polri harus bertindak cepat dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Pada sambutannya itu Jokowi menginstruksikan lima hal kepada seluruh jajaran Polri. Pertama, terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. Ketiga, meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat. Keempat, Polri harus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

"Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah serta masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial. Dirgahayu Kepolisian RI, teruslah menjadi abdi utama nusa dan bangsa. Terima kasih selamat bertugas," tutur Jokowi.

(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4073 seconds (0.1#10.140)