alexametrics

Pengamat Meyakini Jokowi Akan Lebih Teliti Tentukan Postur Kabinetnya

loading...
Pengamat Meyakini Jokowi Akan Lebih Teliti Tentukan Postur Kabinetnya
Dalam waktu dekat, Presiden terpilih Jokowi bersama wakilnya KH Ma'ruf Amin akan segera menyusun formasi menteri kabinet untuk periode lima tahun mendatang. Foto/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Dalam waktu dekat, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bersama wakilnya KH Ma'ruf Amin akan segera menyusun formasi menteri kabinet untuk periode lima tahun mendatang.

Berbagai cara pun dilakukan untuk memunculkan nama menteri baik strategi yang dimainkan oleh partai politik maupun lembaga konsultan politik dengan cara 'endorsement' kepada calon menteri.

Lalu seberapa efektifkah bicara 'mengendorse' figur tertentu menjadi calon menteri dengan maksud memengaruhi 'kemerdekaan' Jokowi dalam memilih para calon pembantunya tersebut?



"Periode kedua, Jokowi akan jauh lebih teliti menentukan postur kabinetnya," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno saat dihubungi SINDOnews, Selasa (9/7/2019).

Adi merasa yakin Jokowi pasti sudah mengantongi nama-nama calon menteri yang bisa diandalkan dengan loyalitas penuh untuk merealisasikan semua janji politiknya.

"Karena periode kedua adalah periode pertaruhan," kata Pengamat Politik asal Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta ini.

Di sisi lain, kata Adi, Jokowi dianggap tipikal 'presiden pekerja' yang tak terlampau suka dengan calon menteri 'narsis', baik narsis sendiri maupun hasil endorsement.

"Jokowi sudah tau mana calon menteri yang serius ingin bekerja dan yang hanya sebatas pencitraan," tandasnya.
(kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak