Jenazah Almarhum Sutopo Akan Dipulangkan ke Indonesia Hari ini

Minggu, 07 Juli 2019 - 10:30 WIB
Jenazah Almarhum Sutopo Akan Dipulangkan ke Indonesia Hari ini
Jenazah Almarhum Sutopo Akan Dipulangkan ke Indonesia Hari ini
A A A
JAKARTA - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho tutup usia pada hari Minggu (7/7/2019), sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB. Rencananya, jenazah almarhum akan dibawa ke Indonesia pada hari ini setelah pihak keluarga mengurus dokumen.

"Saat ini Bu Topo sedang mengurus dokumen di Konjen RI di Guangzhou, dibantu oleh Pak Luhut Binsar Panjaitan yang kebetulan berada di sana. Kalau cepat dokumennya, bisa dipulangkan hari ini," ujar Kepala Sub bidang Media, bidang Humas BNPB Teguh Harjito saat dikonfirmasi SINDOnews, Minggu (7/7/2019).

Almarhum Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019 yang lalu. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

"Sejak beliau divonis kanker desember akhir 2017, beliau masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019. Bahkan beliau masih sempat melakukan konferensi pers secara bersinambungan pada saat terjadi bencana gempabumi Lombok dan gempabumi Palu ditengah rasa sakit yang menderanya," jelas Teguh dalam keterangan tertulisnya.

Kabar wafatnya Sutopo juga diinformasikan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana BNPB lewat akun Twitternya.

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," cuit akun twitter PRB BNPB tersebut.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5810 seconds (0.1#10.140)