Sutopo Purwo Nugroho Tutup Usia, BNPB: Kita Merasa Sangat Kehilangan

Minggu, 07 Juli 2019 - 10:07 WIB
Sutopo Purwo Nugroho Tutup Usia, BNPB: Kita Merasa Sangat Kehilangan
Sutopo Purwo Nugroho Tutup Usia, BNPB: Kita Merasa Sangat Kehilangan
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berduka atas meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho pada hari Minggu (7/7/2019) sekitar pukul 02.20 waktu Guangzhou atau sekitar pukul 01.20 WIB.

"Kami, kita, semua merasa kehilangan Pak Sutopo. Sosok yang terdepan dan gigih dalam menyampaikan informasi bencana di Indonesia," ujar Teguh Harjito, Kepala Subbidang Media, Bidang Humas BNPB dalam keterangannya tertulisnya kepada wartawan, Minggu (7/7/2019).

Almarhum Sutopo meninggal dunia saat sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di St Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, sejak 15 Juni 2019 yang lalu. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

"Sejak beliau divonis kanker desember akhir 2017, beliau masih terus gigih dalam melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia selama 2018 hingga pertengahan 2019. Bahkan beliau masih sempat melakukan konferensi pers secara bersinambungan pada saat terjadi bencana gempa bumi Lombok dan gempabumi Palu ditengah rasa sakit yang menderanya," jelas Teguh.

Teguh yang mewakili BNPB juga berdoa agar amal ibadah Alamarhum Sutopo dapat diterima di sisi-Nya dan berharap keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan.

"Semoga amal ibadah almarhum selama hidupnya diterima di sisi Allah SWT dan bagi keluarga yang ditinggalkan agar tabah dan sabar dalam menghadapi musibah ini," tuturnya.

Selain menyampaikan melalui keterangan tertulisnya, keterangan ini juga ditampilkan di media sosial Instagram BNPB Indonesia dengan foto Almarhum Sutopo saat menjalani perawatan di Guangzhou, China.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)