alexametrics

Kini ada SIKS-NG untuk Data Miskin dan Bantuan Sosial

loading...
Kini ada SIKS-NG untuk Data Miskin dan Bantuan Sosial
Untuk memudahkan pengelolaan Data Terpadu Kesos, Pusdatin Kesos telah mengembangkan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).
A+ A-
JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI, Hartono Laras menghadiri presentasi dua Unit Kerja Kementerian Sosial yang meraih Penghargaan Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 (Sinovik) di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jumat (5/7/2019).

Penghargaan itu diraih oleh Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial serta Balai Rehabilitasi Sosial Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) “Handayani” Jakarta.

Hadir bersama Sekjen Kemensos pada kesempatan itu, Kepala Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin Kesos), Said Mirza Pahlevi dan Kabid Diseminasi Data, Ujang Taofik Hidayat.



Untuk memudahkan pengelolaan Data Terpadu Kesos, Pusdatin Kesos telah mengembangkan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG).

SIKS-NG memuat data rumah tangga dengan status sosial ekonomi rumah tangga (ruta) 40 persen terendah yang meliputi data demografi, pendidikan, kesehatan, perumahan, kepemilikan aset, dan kepesertaan program bansos/subsidi.

SIKS-NG telah disosialisasikan kepada seluruh Pemda provinsi/kabupaten/kota untuk pengelolaan data ruta miskin dan program bansos/subsidi. Melalui SIKS-NG, pemda dapat mengelola data masing-masing secara online, transparan, murah, mudah, dan cepat.

Perbaikan data dari lapangan dikelola melalui SIKS-NG dan dimanfaatkan untuk perencanaan, pengambilan keputusan dan penyaluran bansos/subsidi.

SIKS-NG merupakan inovasi original dari Pusdatin Kesos. Melalui SIKS-NG versi Android selain diperoleh data sosial ekonomi ruta secara paperless, didapat pula foto kondisi rumah, KTP dan Kartu Keluarga beserta titik koordinat rumah.

Saat ini telah terkumpul 3,5 juta ruta dengan titik koordinat dan foto di 35 kabupaten/kota. Pusdatin dapat memantau aktivitas pemda melalui aplikasi dashboard secara online.
()
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak