Bupati Banyuwangi Pimpin Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia

Kamis, 04 Juli 2019 - 14:00 WIB
Bupati Banyuwangi Pimpin Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia
Bupati Banyuwangi Pimpin Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia
A A A
JAKARTA - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Annas terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) hingga 2020 menggantikan Mardani H Maming yang mundur dari jabatan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Bismillahirrahmanirrahim saya siap mengemban amanah sebagai Ketua Umum Apkasi yang baru. Saya mewakili rekan-rekan pengurus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Mardani H Maming atas kontribusinya selama ini, membawa Apkasi menjadi organisasi yang besar hingga seperti sekarang ini,” ungkap Abdullah Azwar Annas pada acara Apkasi Otonomi Expo 2019, di Balai Sidang Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta (4/7/2019).

Azwar juga bertekad terus meningkatkan potensi daerah dalam mendorong kesejahteraan masyarakat daerah, kualitas sumberdaya manusia (SDM), pelayanan publik, dan pemajuan kebudayaan.

“Kami bersama seluruh sahabat-sahabat bupati akan meneruskan program Pak Mardani Maming, dan memberi penekanan pada penguatan ekonomi daerah, pelayanan publik, SDM, serta pemajuan seni-budaya,” katanya.

“Saya ingin menghadirkan terobosan digital, membangun sistem yang lebih cepat dan efisien agar Apkasi semakin lincah, bisa menyerap aspirasi daerah dan responsif berkoordinasi dengan kepentingan pemerintah pusat agar jalannya pembangunan di daerah sinkron dengan rencana pembangunan nasional,” tambahnya.

Azwas juga mengajak seluruh komponen pemerintah daerah melakukan penguatan serta kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan ekonomi dari segi pariwisata.

“Saat ini berkembang crossborder tourism, tentu itu mesti dikolaborasikan Kemenpar dan Apkasi sehingga memberi nilai tambah optimal bagi masyarakat daerah, sekaligus itu nanti jadi instrumen memajukan seni budaya daerah,” tegasnya.

Azwas juga mendorong keselarasan program pemerintah pusat dan daerah. “Misalnya, Presiden Jokowi memberi sinyal ke depan akan fokus di pembangunan sumberdaya manusia, nah itu kan butuh kaki di daerah maka kabupaten harus meresponsnya dengan kebijakan penunjang. Jadi makin optimal dampaknya ke masyarakat. Jadi peningkatan SDM daerah juga menjadi fokus Apkasi, misalnya soal kolaborasi dengan pemerintah provinsi terkait pengelolaan SMA dan SMK, atau kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk kerek SDM anak-anak muda daerah,” tegasnya.

Mardani H Maming dalam sambutan perpisahannya mengatakan dirinya merasa terhormat telah dipercaya menahkodai Apkasi.

“Tak terasa saya telah menjadi Ketua Umum selama empat tahun dengan segala dinamikanya. Saya mohon maaf jika selama ini ada tutur kata yang salah dan tindak tanduk yang menyakiti. Saya merasa memiliki pekerjaan rumah yang belum terselesaikan, yakni memperjuangkan kesejahteraan rekan-rekan Bupati yang selama 10 tahun terakhir tidak ada kenaikan. Saya berharap Ketua Umum yang baru bisa meneruskan aspirasi ini,” tuturnya.

Sementara itu, Sekjen Apkasi Najmul Akhyar mengatakan, ada sejumlah program yang ingin dimajukan Apkasi, yakni memfasilitasi UMKM-UMKM daerah untuk memperluas pasarnya hingga internasional.

“Dengan Apkasi Otonomi Expo yang juga memamerkan beragam UMKM daerah. Kami juga terus membangun hubungan dagang dan bisnis dengan luar negeri. Sehingga potensi ekonomi daerah bisa dipasarkan ke dunia internasional. Dengan sendirinya itu menggerakkan ekonomi rakyat di daerah,” tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4015 seconds (0.1#10.140)